BeritaKesehatanPolitikRegional

KPU Nilai Pemkab Bulukumba Abaikan Keselamatan Penyelenggara

BIMATA.ID, Bulukumba – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba menilai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba telah mengabaikan keselamatan penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Hal ini dikarenakan, permintaan rapid test yang dilayangkan KPU Kabupaten Bulukumba tidak direspons Pemkab Bulukumba.

Padalah, KPU Kabupaten Bulukumba telah menyiapkan anggaran rapid test untuk 1.767 orang penyelenggara, yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“KPU telah menyediakan anggarannya, tetapi Pemda, dalam hal ini Dinas Kesehatan Bulukumba lamban merespons keselamatan penyelenggara untuk rapid testnya,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Bulukumba, Syamsul, Senin (13/7/2020).

KPU dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulukumba sudah sering melakukan pertemuan, bahkan dengan Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali.

“Sudah sering dilakukan pertemuan, bahkan dengan bupati,” jelas Syamsul.

Apalagi, KPU Kabupaten Bulukumba sudah melakukan penyuratan kembali ke Dinkes Kabupaten Bulukumba. Namun, sampai saat ini KPU Kabupaten Bulukumba belum mendapat respons.

“Seharusnya Pemda Bulukumba memberikan respons cepat, karena Anggota PPDP tak lama lagi bakal turun ke masyarakat melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit),” pungkas Syamsul.

Sementara di sisi lain, Kabupaten Bulukumba hingga kini masih berstatus zona merah Covid-19.

“Yang bertugas ini kan orang Bulukumba dan yang mau didata juga orang Bulukumba sendiri. Kami khawatir kalau tidak ada keterangan, warga tidak mau terima PPDP kami,” lanjut Syamsul.

Di tempat terpisah, Kepala Dinkes Kabupaten Bulukumba, dr Wahyuni menuturkan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinkes Kabupaten Bulukumba telah berkomunikasi dengan PPK KPU Kabupaten Bulukumba.

“Yang menyiapkan bahan PPK, KPU dan kami menyiapkan SDM. PPK Dinkes sudah bicara dengan PPK KPU,” tutur dr Wahyuni.

Untuk diketahui, sebelumnya KPU Kabupaten Bulukumba menggelar rapat kerja (Raker) pelaksanaan kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih untuk Pilkada Kabupaten Bulukumba 2020.

Raker tersebut dihadiri oleh perwakilan partai politik (Parpol) di Kabupaten Bulukumba dan diselenggarakan di Aula KPU Kabupaten Bulukumba, Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (10/7/2020).

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close