BeritaPolitikRegional

KPU Cianjur Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bapaslon Perseorangan

BIMATA.ID, Cianjur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan hasil verifikasi faktual (Verfak) bakal pasangan calon (Bapaslon) perseorangan tingkat Kabupaten di Aula KPU Kabupaten Cianjur, Senin (20/7/2020).

Rapat pleno itu dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur, tim penghubung dari kedua Bapaslon perseorangan, Ketua dan Divisi Teknis PPK se-Kabupaten Cianjur, serta Kepolisian dan TNI.

Digelar dalam kondisi pandemi virus korona (Covid-19), agenda rapat pleno dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Seperti diketahui, terdapat dua Bapaslon jalur perseorangan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Cianjur 2020, yakni M. Toha-Ade Sobari dan Dadan Supardan-Irfan Helmi Khadafi.

Berdasarkan rekapitulasi dukungan yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), maka diputuskan Bapaslon M. Toha-Ade Sobari memiliki jumlah syarat dukungan sebanyak 64.716 pemilih, sedangkan Bapaslon Dadan Supardan-Irfan Helmi Khadafi sebanyak 50.918 pemilih.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah menyampaikan, hasil tersebut belum menjadi final, karena masih menjadi tahapan awal dan dapat diperbaiki.

Adapun penyerahan perbaikan dapat dilakukan pada tanggal 25 hingga 27 Juli mendatang, dengan menyampaikan paling sedikit dua kali jumlah kekurangan dukungan dan kemudian nantinya akan dilakukan verifikasi administrasi kembali.

“Sebagaimana diketahui bahwa syarat jumlah minimal dukungan Bapaslon perseorangan di Kabupaten Cianjur sebanyak 108.354 dukungan,” ujar Selly.

Untuk mencegah terjadi kerumunan massa, maka rapat pleno ditayangkan melalui media sosial yang telah disiapkan oleh KPU Kabupaten Cianjur.

“Pelaksanaan rapat pleno dilakukan sesuai ketentuan yang termaktub dalam PKPU Nomor 6 Pasal 9 Tahun 2020, sehingga KPU membatasi jumlah peserta rapat pleno. Peserta yakni PPK dibagi ke dalam lima gelombang,” pungkas Selly.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close