BeritaNasionalPolitik

Ketua MPR Dorong Pemerintah Pastikan Anggaran Pilkada 2020 Terpenuhi

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mendorong Pemerintah memastikan anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) terpenuhi untuk menunjang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Mendorong Pemerintah dapat terus memastikan dukungan pada KPU maupun KPUD, baik anggaran dan penyediaan alat pelindung diri (APD) juga sarana prasarana penunjang lainnya, agar pelaksanaan tahapan Pilkada hingga penyelenggaraannya terpenuhi dengan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ungkapnya, dilansir dari merdeka[dot]com, Rabu (8/7/2020).

Bamsoet juga mendorong KPU mempertimbangkan pelaksanaan Pilkada 2020 di daerah dengan tingkat kerawanan Covid-19 yang tinggi. Serta mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk terus memantau kondisi dan situasi terkini terkait status penyebaran Covid-19 di setiap daerah.

Selanjutnya, Bamsoet mendorong KPU dan Bawaslu tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Kemudian, tetap menjaga prinsip kesehatan dan keselamatan penyelenggara pemilihan serta peserta pemilihan.

“Dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada 2020, mengingat pelaksanaan Pilkada saat ini di tengah pandemi yang berisiko terhadap penularan Covid-19 dalam tahapan-tahapan pelaksanaannya,” ujarnya.

Selain itu, Bamsoet mendorong KPU dan Bawaslu meningkatkan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam keterbukaan informasi terkait penyelenggaraan pemilihan dan perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di setiap daerah.

“Sebagai tolak ukur KPU dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2020, mengingat data tersebut menjadi salah satu aspek yang diukur dalam menyelenggarakan Pilkada 2020,” ucapnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close