BeritaBisnisEkonomiEnergiInternasionalNasionalPerkebunanPertanian

Kekuatan Bisnis Grup Sinarmas di Sektor Sawit

BIMATA.ID, JAKARTA- Grup Sinarmas yang disebut-sebut sebagai raksasa bisnis di Indonesia, memiliki banyak satuan unit usaha. Perusahaan yang didirikan oleh Eka Tjipta ini bergerak di banyak sektor mulai dari properti, pertambangan, telekomunikasi, aneka industri, jasa keuangan serta perkebunan.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony mengatakan di tengah kondisi saat ini, sektor aneka industri dan properti diprediksi punya kontribusi terbesar bagi Grup Sinarmas. Sementara itu di sektor industri kertas, Sinarmas memimpin pangsa pasar di Indonesia lewat PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Untuk sektor sawit sendiri, PT SMART Tbk (SMAR) masih belum dapat dikatakan pemimpin di sektor tersebut. “Secara jangka panjang kedua sektor ini masih cukup baik dengan pemakaian plastik yg berkurang digantikan dengan kertas ke depannya masih dapat mendorong pertumbuhan sektor ini,” ujar Chris.

Bisnis sawit belakangan ini sempat dapat tantangan lewat kenaikan tarif pungutan ekspor. Belum lama ini, Pinta S. Chandra, Investor Relations, Sinar Mas Agribusiness and Food mengatakan kenaikan tarif pungutan ekspor tidak mempengaruhi permintaan untuk ekspor.

“Saat ini, pasar ekspor CPO dan produk turunannya masih kondusif didukung oleh CPO sebagai minyak pangan utama dunia dan posisi pasokan dan permintaan yang ketat,” ujarnya.

Kenaikan tarif pungutan ekspor memberikan kepastian atas pelaksanaan program B30 sehingga tingkat persediaan industri tetap terjaga.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close