BeritaRegional

Keberhasilan PSBB Tergantung Kepatuhan dan Kedisiplinan Warga

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan bahwa PSBB transisi fase I diperpanjang sampai dengan dua kali itu lantaran kasus penyebaran virus corona (Covid-19) meningkat di Jakarta. Ia menilai, sekitar 80% keberhasilan dalam mengendalikan wabah Covid-19 bisa dilakukan dengan warga Jakarta yang menaati protokol kesehatan.

“Sekali lagi, semuanya itu bergantung pada seluruh warga Jakarta. Kontribusi 80 persen terhadap keberhasilan ini ada pada kepatuhan, kedisiplinan, dan ketaatan warga. Untuk itu kami minta warga untuk patuh, dan disiplin,” kata Riza di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Riza menjelaskan, peningkatan kasus Covid-19 terjadi karena warga yang sudah jenuh dan lelah lantaran Pemprov DKI Jakarta telah menerapkan PSBB sejak April 2020 lalu.

“Disebabkan oleh, satu memang masyarakat kita sudah jenuh, capek, kemudian juga euforia sehingga ingin keluar. Kedua, memang sebagian masyarakat kita belum sepenuhnya disiplin, patuh, dan taat. Untuk itu kita minta, seluruh masyarakat meningkatkan kedisiplinan, ketaatan dan kepatuhan untuk melaksanakan protokol Covid,” terangnya.

Peningkatan kasus Covid-19 juga terjadi lantaran DKI melakukan peningkatan dalam menyelenggarakan swab test guna mengendalikan penyebaran corona. Sehingga sejalan dengan angka penambahan dan testing yang digalakkan.

“Konsekuensi testing yang kami lakukan memang ditemukan adanya penyebaran di beberapa tempat. Kami membuka data secara terbuka, secara transparan, dan terus melakukan identifikasi, testing, tracing, tujuannya adalah dalam rangka mempercepat identifikasi penyebaran Covid sehingga kita bisa melakukan penanganan, penanggulangan dan pencegahan,” ujarnya.

Editor : Ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close