BeritaHeadline

Jubir Menhan : “Food Estate” Sebagai Cadangan Logistik Strategis Untuk Ketahanan Negara

BIMATA.ID, Jakarta- Juru Bicara Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan, food estate bukan program mencetak sawah. Ia menegaskan pengembangan food estate (lumbung pangan) di Kalimantan Tengah sebagai pusat pertanian pangan dan cadangan logistik strategis untuk pertahanan negara.

“Food Estate di Kalimantan Tengah ini dikembangkan sebagai pusat pertanian pangan sebagai cadangan logistik strategis untuk pertahanan negara. Food Estate bukan program cetak sawah, namun pengembangan pusat pangan selain tanam padi juga akan dikembangkan pusat-pusat pertanian pangan lainnya, seperti singkong, jagung sesuai dengan kondisi lahan di sana,” kata Dahnil dalam keterangan status facebook pribadinya, Jakarta, 14 Juli 2020.

Menurut Dahnil, food estate sebagai cadangan logistik strategis untuk pertahanan negara berfungsi membantu kementerian pertanian dan bulog, bila suatu saat, dalam kondisi tertentu kekurangan suplai pangan.

“Maka, cadangan pangan yang sudah dikembangkan dan dipersiapkan di food estate Kalimantan Tengah tersebut siap digunakan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada food estate di Kalimantan tengah, Kementerian Pertahanan ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai leading sector dilandasi oleh perspektif pertahanan negara, seperti yang diatur dalam dalam pasal 6 UU. No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, bahwa pertahanan negara diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan daya tangkal negara dan bangsa, serta menanggulangi setiap ancaman.

“Kami di Kementerian Pertahanan memahami bahwa ancaman itu terdiri dari ancaman militer, nirmiliter dan hibrida,” kata dia.

Dia menambahkan, food estate ini akan dikembangkan sebagai pusat produksi cadangan pangan dari tanah milik negara, sebagai cadangan melalui pengelolaan penyimpanan cadangan pangan untuk pertahanan negara serta distribusi cadangan pangan ke seluruh Indonesia.

Untuk itu, Dahnil mengatakan, perlu dipersiapkan cadangan pangan yang cukup di masa yang akan datang. Salah satunya melalui pengembangan food estate ini.

(FID)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close