BeritaEkonomiHeadlineNasionalPolitik

Jokowi Percaya Prabowo Sebagai Ketua Program Food Estate

BIMATA.ID, Jakarta – Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Dahnil Anzar Simanjuntak, memberikan penjelasan terkait program food estate yang belakangan digalakkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan Dahnil saat berbicara dalam acara peluncuran buku ‘Ekonomi Pertahanan Menghadapi Perang Generasi Keenam Karya Laksdya TNI Agus Setiadji’ yang berlangsung secara virtual, Selasa (7/7/2020).

“Hari ini Kemenhan (Kementerian Pertahanan) diberikan tanggung jawab oleh Presiden sebagai leading sector untuk memperkuat food estate. Insya Allah, hari Kamis Pak Menhan dan Pak Presiden akan meninjau lokasi di Kalimantan Tengah terkait rencana dengan food estate. Food estate ini akan menjadi logistik cadangan strategis bagi Indonesia yang nanti ditangani oleh prajurit TNI,” katanya, dilansir dari cnbcindonesia[dot]com.

Dahnil lantas mengutip survei yang dilakukan The Economist tahun 2017. Saat itu, The Economist menulis negara-negara yang mempunyai ketahanan pangan yang stabil justru berasal dari kawasan Eropa dan Amerika Utara. Sedangkan Asia dan Afrika, yang memang sejak awal itu mendorong pertumbuhan, kemudian industrialisasi, justru meninggalkan sektor pertanian.

Saat ini, Eropa dan Amerika Utara sudah mulai de-industrialisasi. Bahkan, Eropa dan Amerika Utara mulai masuk ke ekonomi hijau dan sebagainya. Akhirnya, sektor pertanian mereka mendapat subsidi besar-besaran. Sehingga ramalan The Economist pada 2030, justru Eropa dan Amerika Utara punya ketahanan pangan yang kuat.

“Nah, dalam perspektif itulah kita ingin mengubah ramalan itu. Sekarang era Covid-19, semuanya sadar betul ujung-ujungnya yang paling kita butuhkan adalah tempat tinggal dan pangan. Maka negara, dalam hal ini Presiden, Pak Menhan, merevitalisasi logistik kita, pangan kita melalui food estate itu. Kesadaran itu kemudian tumbuh di era Covid-19 ini secara baik,” urainya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memutuskan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai kawasan food estate. Secara khusus, Presiden Jokowi memerintahkan sejumlah Menteri untuk menggarap food estate secara bersama-sama.

Menteri yang terpilih adalah Menhan RI, Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir. Rencana Presiden Jokowi tersebut diungkapkan Basuki dalam rapat kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close