BeritaBisnisEkonomiEnergiInternasionalNasionalOpini

IEA : Indonesia Masuk 10 Besar Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

BIMATA.ID, JAKARTA- Batu bara yang jadi sumber energi paling besar setelah minyak bumi. Konsumsinya dari tahun ke tahun, bahkan cenderung terus mengalami peningkatan.

Meski jadi tumpuan energi, batu bara menimbulkan dua masalah besar, polusi emisi karbon dan kerusakan lingkungan pasca-tambang.

Cadangan batu bara di sejumlah negara mulai menipis karena terus menerus ditambang. Sebagian negara lainnya, malah menggenjot produksi komoditas yang dikenal dengan emas hitam ini. Hal ini membuat posisi negara produsen di urutan teratas seringkali bergonta-ganti.

Berikut daftar 10 negara penghasil batu bara terbesar dunia per 2018 seperti dikutip dari International Energy Agency (IEA) :
1. China

China adalah negara di urutan pertama sebagai penghasil batu bara terbesar sejagad. Negeri Tirai Bambu ini berada di urutan pertama selama beberapa dekade dan belum pernah tergeser hingga saat ini. Produksi batu bara China setiap tahunnya mencapai 3,55 miliar ton. Meski jadi produsen terbesar, negara ini jadi salah satu langganan importir batu bara terbesar secara global. Ini karena konsumsi energi China juga sangat rakus.

2. India

India mencatatkan diri negara kedua penghasil batu bara terbesar dunia. Produksi batu bara di negara ini mencapai 771 juta ton. Negara ini masih sangat menggantungkan batu bara sebagai sumber energinya, terutama untuk pembangkit listrik.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada di peringkat ketiga sebagai produsen batu bara terbesar. Negeri Paman Sam ini dilaporkan menambang batu bara sebanyak 685 juta ton pada tahun 2018.

4. Indonesia

Indonesia adalah negara penghasil batu bara terbanyak keempat secara global. Produksi batu bara Indonesia mencapai puncaknya pada sekitar tahun 2005 sampai tahun 2010. Pada tahun 2018, produksi batu bara Indonesia sebesar 549 juta ton, terbanyak dikeruk dari Kalimantan. 5. Australia Australia secara tradisional adalah negara yang masuk deretan produsen batu bara terbesar dunia sejak beberapa dekade silam. Produksi batu bara di Negeri Kanguru ini pada tahun 2018 tercatat sebesar 483 juta ton.

6. Rusia

Rusia sebelumnya pernah menjadi negara yang mengeruk batu bara paling banyak di dunia. Namun berangsur, produksi batu bara Rusia terus menurun. Selain itu, sumber energinya mulai tergantikan oleh gas alam dan nuklir. Pada tahun 2018, produksi batu bara Rusia berada di angka 420 juta ton.

7. Afrika Selatan

Sama halnya dengan Rusia, Afrika Selatan dulunya adalah produsen utama batu bara global sebelum akhirnya tergeser posisinya oleh negara lain. Produksi batu bara di negara ini mencapai 259 juta ton.

8. Jerman

Jerman adalah negara Eropa dengan cadangan batu bara paling melimpah setelah Rusia. Produksi batu bara di Jerman tercatat sebesar 169 juta ton pada tahun 2018.

9. Polandia

Polandia berada di posisi kesembilan sebagai negara penghasil batu bara tertinggi di dunia dengan produksi mencapai 122 juta ton. Tercatat, lebih dari separuh energi listrik di Polandia masih disuplai dari batu bara.

10. Kazakhstan

Kazakhstan diketahui memiliki cadangan batu bara yang sangat melimpah. Cadangan batu bara di negara itu yakni sebesar 25,6 miliar ton atau sekitar 2,2 persen cadangan dunia. Produksi batu baranya pada tahun 2018 dilaporkan sebesar 114 juta ton.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close