BeritaRegional

Gina Swara Ingatkan Pemda Bisa Prioritaskan UMKM Terdampak COVID-19

BIMATA.ID, KARAWANG – Anggota DPRD Jawa Barat, Fraksi Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya). Gina Fadlia Swara buka suara, ia mengaku bahwa para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di Jawa Barat masih belum jadi prioritas penerima bantuan dari pemerintah daerah di tengah pandemi COVID-19.

Menurut Gina, pelaku UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak langsung pandemi Corona lantaran pandemi ini membuat omset mereka anjlok. Bahkan, sejumlah UMKM di Kabupaten Karawang maupun Purwakarta, terancam gulung tikar.

“Harusnya gugus tugas COVID-19 juga memperhatikan para pelaku UMKM ini. Karena mereka jadi salah satu kelompok yang terdampak langsung,” tegas dia, 

Gina berharap, bantuan kepada pelaku UMKM bisa berupa sembako atau dana tunai permodalan agar mereka bisa bangkit di tengah pandemi. Bahkan, pemerintah daerah juga bisa membantu dengan membuat kebijakan yang dapat meringankan beban usaha mereka.

“Misalnya, meminta agar lembaga penyalur kredit memberikan relaksasi untuk pembayaran angsuran mereka, atau bisa saja keluarkan bantuan tunai untuk modal usaha,” jelasnya.

Dikutip dari METRO KARAWANG, Gina menilai para pelaku UMKM juga saat ini masih perlu bantuan permodalan yang mudah diakses. Namun, tetap dengan sejumlah persyaratan yang aman bagi ke dua belah pihak. 

Selain itu, mereka pun perlu dibantu untuk akses pemasaran produk termasuk pendampingan selama beberapa bulan kedepan, paling tidak sampai pandemi ini berakhir.

“Pemerintah harus hadir untuk menyelamatkan eksistensi pelaku UMKM ini. Jangan sampai mereka sampai gulung tikar,” tandas dia.

Editor : Ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close