BeritaEkonomiNasionalOpiniPertanian

Ekspor Meningkat, Sektor Pertanian Harus Lebih Diperhatikan

BIMATA.ID, JAKARTA- Ketua Harian DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat, Entang Sastraatmaja, mengatakan suatu kekeliruan yang sangat besar jika tidak memberikan perhatian yang serius terhadap sektor pertanian.

kekeliruan itu terbukti setelah hitungan Badan Pusat Statistik memperlihatkan adanya kenaikan lalu lintas ekspor yang cukup signifikan. Hal ini, kata Entang, sudah cukup memberi bukti bahwa keragaman ekspor sektor pertanian 2019-2020 betul-betul menunjukkan keandalannya.

“Mestinya semua pihak belajar dari pengalaman. Waktu krisis multy-dimensi tahun 1997/1998, dari semua sektor, hanya pertanian yang tumbuh positiof dan sektor lainnya malah cenderung negatif,” kata Entang.

Entang berharap Kementerian Pertanian (Kementan) yang sebagai ujung tombak pertanian Indonesia harus mampu memberi keyakinan kepada Kementerian dan Lembaga lain dan DPR RI bahwa posisi sektor pertanian perlu mendapat dukungan yang proposional.

“Jika mereka butuh bukti, maka jawabanya ada di ekspor pertanian yang terus tumbuh positif dan berbeda dengan sektor-sektor diluar pertanian,” katanya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan ekspor pertanian meningkat 9,60 persen.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close