EkonomiBeritaBisnisEnergiInternasionalNasionalOpiniProperti

Dukung BUMN Go Global, Kementerian BUMN Meneken Nota Kesepahaman Dengan Kementerian Luar Negeri

BIMATA.ID, JAKARTA- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan selama ini Indonesia hanya menjadi target pasar dari negara lain. Untuk itu, pemasaran produk BUMN ke pasar internasional perlu digenjot. Kementerian BUMN meneken nota kesepahaman dengan Kementerian Luar Negeri terkait kerjasama lingkungan ekonomi untuk mendukung BUMN Go global.

Penandatangan nota kesepahaman itu sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo, yaitu fokus diplomatik negara yang tidak hanya secara politik, tetapi untuk mengembangkan tapak tilas dunia usaha Indonesia.

“Jadi dengan adanya akuisisi beberapa perusahaan yang ada di luar negeri ini tujuannya simpel untuk memperbaiki supply chain bukan hanya gaya-gayaan saja,” papar Erick.

sejauh ini beberapa BUMN sudah memiliki jaringan operasional di luar negeri, mulai dari BUMN perbankan hingga BUMN konstruksi.

Perbankan milik negara sejauh ini memiliki beberapa kantor cabang di mancanegara, misal PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Jaringan BNI di luar negeri mancakup Hong Kong, London, Singapura, New York, Tokyo, dan Seoul.

Sementara itu, BRI dan Bank Mandiri memilk cabang di Hong Kong, Singapura, Kepulauan Cayman, dan Timor Leste. Mandiri juga memiliki entitas usaha di London bernama Bank Mandiri (Europe) Limited.

Tidak ketinggalan, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. juga memiliki unit operasi di Vietnam, yaitu Thang Long Cement yang diakuisisi sejak 2012. Saat diakuisis, Thang Long Cement yang beroperasi sejak 2008 memiliki kapasitas produksi 2,3 juta ton per tahun.

Jaringan wilayah kerja Pertamina di luar negeri. Operasional wilayah kerja di luar negeri berada di bawah naungan anak usaha PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP)./Pertamina

Peta jaringan wilayah kerja Pertamina di luar negeri. Operasional luar negeri dikendalikan oleh anak usaha PT Pertamina International Eksplorasi dan Produksi (PIEP). Jaringan wilayah kerja tersebar dari Malaysia hingga Kanada./Pertamian IEP

Selain perbankan dan semen, perusahaan minyak nasional PT Pertamina (Persero) memiliki wilayah operasional di 12 negara melalui Pertamina International Eksplorasi dan Produksi (PIEP). Di negara kaya minyak Aljazair, Pertamina memiliki partisipasi di tiga blok, yaitu Manzel Lejmet North, El-Merk, dan Ourhoud. Blok Menzel dimiliki 100 persen oleh Pertamina.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close