BeritaEkonomiPertanianRegionalUMKMUmum

di Tengah Pandemi, Menteri LHK Lakukan Evaluasi dan Upaya Pemulihan Lingkungan

BIMATA.ID, JAKARTA- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya melakukan evaluasi sekaligus pengawasan terhadap pengelolaan taman wisata alam (TWA) di tengah pandemi Covid-19, Minggu (12/7/2020).

“Upaya pemulihan lingkungan dengan rehabilitasi lahan terus dilakukan,” kata Siti Nurbaya saat kunjungan kerja di kawasan wisata Dieng, di TWA Telaga Warna dan Telaga Pengilon, Kabupaten Wonosobo, Jateng.

Sesuai pesan Presiden Joko Widodo, penanganan pemulihan lingkungan sangat penting demikian pula pemanfaatan berbagai lokasi di Pulau Jawa yang memiliki pemandangan indah, dan aksesibilitas jalan yang bagus untuk menjadi produktif bagi masyarakat.

Kombinasi kerja hutan sosial, produktivitas masyarakat dengan ekowisata dan industri kayu putih hutan sosial menjadi langkah yang positif.

“Keberadaan ekowisata seperti ini harus disertai peningkatan produktivitas untuk masyarakat sekitarnya,” kata Siti.

Sementara Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Wiratno menjelaskan, situasi taman wisata alam di Wonosobo bergantung pada keamanan kandungan karbondioksida dan sulfur (belerang) yang ada, yang dipantau secara intensif setiap bulan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Keberadaan TWA Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini mampu menggerakkan ekonomi lokal di sekitar Dieng,” kata Wiratno.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close