PertanianBeritaEkonomiOpiniRegionalUMKM

Bupati Lamongan Resmikan Koperasi dan UMKM Tangguh

BIMATA.ID, JAKARTA- Bupati Lamongan H. Fadeli, SH, MM Menghadiri Hari Koperasi Nasional ke-73 oleh Pemkab Lamongan sekaligus meresmikan 5 Koperasi Tangguh menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan.

Kelima koperasi yang diresmikan sebagai Koperasi Tangguh adalah Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Tani Kecamatan Brondong, KUD Tani Mulyo Kecamatan Lamongan, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Maju Kecamatan Mantup, KPRI Handayani Kecamatan Lamongan, dan Koperasi Wanita (Kopwan) Sejahtera Kecamatan Karanggeneng.

Fadeli mengungkapkan, pembentukan Koperasi Tangguh tersebut merupakan upaya untuk mendorong keterlibatan koperasi dalam pencegahan penularan Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap pelayanan.

“Koperasi tangguh juga tidak hanya tangguh secara fisik, namun juga harus mampu menyokong perekonomian di Kabupaten Lamongan,” kata Fadeli.

Selain terbentuknya Koperasi Tangguh, momen peringatan Hari Koperasi Nasional juga diharapkan menjadi dorongan agar koperasi di Kabupaten Lamongan menjadi koperasi sehat dan taat administrasi.

Diakui Fadeli, di Kabupaten Lamongan saat ini masih dijumpai Koperasi Simpan Pinjam (KSP),  Koperasi Serba Usaha (KSU), dan Kantor Cabang Koperasi skala provinsi maupun nasional yang tidak memiliki izin usaha maupun operasional.

“Dari 1.391 koperasi yang ada di Kabupaten Lamongan, sebanyak 1.082 koperasi aktif atau 70 persen yang telah melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan), sementara sisanya belum bisa melaksanakan RAT dikarenakan adanya dampak dari pandemi covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut Fadeli mengungkapkan, koperasi yang belum melaksanakan RAT atau tidak memiliki izin dapat memberikan dampak yang merugikan bagi masyarakat, khususnya anggota bagi para anggota.

“Hal tersebut tentu bertolak belakang dengan tujuan koperasi,” ucap Fadeli.

Fadeli pun menegaskan, ke depan harus dilakukan penertiban terhadap koperasi-koperasi tanpa izin, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,  khususnya anggota.

“Koperasi merupakan soko-guru ekonomi, ekonomi kuat karena koperasi kuat, UMKM kuat karena ekonomi kuat,” tuturnya.

Selain peresmian Koperasi Tangguh, dalam rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional yang digelar Pemkab Lamongan tersebut, Bupati Fadeli juga meresmikan UMKM tangguh yakni, Gusti Atmo, R&D Craft, Soe Art, Tako IB, dan Zain.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close