BeritaEkonomiInternasionalNasional

BUMN Indonesia Go Global

BIMATA.ID, JAKARTA-Di tengah situasi krisis ekonomi terdampak pandemi Covid–19, konsentrasi berbagai kebijakan ekonomi harus fokus pada perkuatan ekonomi dalam negeri untuk membangun kemandirian, serta ketahanannya terhadap situasi krisis. BUMN yang merupakan korporasi strategis bagi perekonomian nasional diharapkan berperan sebagai garda terdepan.

Inisiatif Menteri BUMN untuk mengarahkan BUMN Indonesia go global secara teoritis patut diapresiasi. Namun demikian, diskusi BUMN go global harus dipertajam untuk berkaca pada figur ekonomi Indonesia yang bertabur investor swasta besar nasional dan asing di berbagai sektor ekonomi strategis.

Ekonom Universitas Surakarta Agus Trihatmoko mengatakan, misi strategis BUMN Indonesia untuk go global juga telah diterapkan BUMN negara lain seperti Tiongkok, Jepang, dan Thailand. Termasuk, di antara mereka melakukan investasi besar di Indonesia di sektor industri berbasis sumber daya alam dan juga industri strategis lainnya.

“Saya sependapat jika memang BUMN bidang energi untuk diarahkan go global dan juga BUMN pada berbagai bidang usaha lainnya, tetapi jangan terburu-buru dulu. Lebih baik, pertahankan atau perkuat yang telah dilakukan oleh pemerintahan terdahulu. Misalnya, Pertamina telah memiliki anak perusahaan di beberapa negara atas ladang minyak, Wijaya Karya telah mengerjakan proyek di beberapa negara, dan beberapa BUMN lainnya seperti BUMN di sektor perbankan,” ujarnya.

Implikasi positifnya, yaitu mempendek rantai pasokan dan unsur profit margin pada jalur distribusi atau perdagangan impornya.

“Bahkan, kita berharap strategi tersebut mampu meredam mafia migas dan rente-rentenya,” ucapnya.

Ia pun menghimbau agar kepentingan ketahanan dan kemandirian ekonomi nasional perlu diperhatikan sebelum BUMN bidang migas go global. Kementerian BUMN dan kementerian terkait harus mengutamakan dahulu untuk memikirkan investasi besar pada industri Energi Baru Terbarukan (EBT). Misalnya, energi surya, bio diesel, bio massa, energi baterai, dan lainnya yang memiliki potensi besar dibangun oleh BUMN bidang energi dan EBT.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close