BeritaBola

Pep Guardiola Mengajak Mantan Pelatihnya Ke Manchester City

BIMATA.ID, Jakarta- Manajer Manchester City Pep Guardiola akan menunjuk mantan mentornya, Juanma Lillo sebagai asisten pelatih di Etihad Stadium. Diberitakan Marca, Jumat (5/6/2020), Lillo baru saja meninggalkan pekerjaannya di klub Qingdao Huanghai yang berlaga di Liga Super China.

Lillo, yang berusia 54 tahun, menekuni dunia kepelatihan selama 35 tahun. Tercatat, Lillo pernah mendampingi Jorge Sampaoli sebagai asisten pelatih Sevilla dan juga tim nasional Chile.

Lillo juga pernah melatih tim utama Real Sociedad, Almeria dan Atletico Nacional. Pada tahun 2005, ia pernah mendatangkan Pep Guardiola, yang saat itu masih aktif menjadi pemain, dari klub Meksiko Dorados Sinaloa.

“Guardiola seperti anak bagi saya,” kata Lillo dalam sebuah wawancara dengan FIFA di tahun 2012, sambil menjelaskan bahwa mantan gelandang Barcelona itu menemuinya setelah klub asuhannya Real Oviedo Lillo dikalahkan 4-2 oleh Barca.

“Guardiola mengatakan kepada saya bahwa ia suka bagaimana tim saya bermain dan ingin tetap berhubungan. Apa yang dimulai sebagai hubungan profesional berkembang menjadi sesuatu yang lebih jauh.”

Guardiola merupakan pelatih yang pernah menggemparkan dunia. Namanya mencuat ketika ia, di usia yang relatif muda, sukses membawa Barcelona mencapai masa keemasannya di tahun 2008 hingga 2012. Puluhan gelar berhasil dipersembahkan Barcelona, domestik maupun Eropa.

Sempat beristirahat selama satu tahun dari hiruk pikuk sepak bola, Guardiola memutuskan kembali dengan membesut Bayern Munich. Tiga musim membesut Die Roten, tiga gelar Bundesliga dipersembahkan Pep. Juga dua gelar DFB Pokal, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Di tahun 2016, Guardiola mencoba tantangan baru dengan menerima pinangan Manchester City. Apa yang diraihnya saat ini bersama Manchester Biru pun cukup gemilang. Yaitu dua gelar Liga Premier Inggris secara beruntun, satu Piala FA, dua Community Shield dan tiga gelar Piala Liga Inggris.

Dengan kata lain, semua gelar domestik di negeri Ratu Elizabeth sudah diboyong ke Etihad Stadium.

Editor : FID

Sumber Suara.com

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close