BeritaNasionalPolitikRegional

Menko Polhukam Dan Mendagri Pastikan Pilkada Tetap Digelar 9 Desember 2020

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Hal itu disampaikan saat melakukan kunjungan kerja bersama dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (4/6/2020).

“Kunjungan ke Kepulauan Anambas ini juga sekaligus untuk menjajaki kemungkinan Pilkada Serentak. Pemerintah ingin memastikan Pilkada tidak akan bergeser dari 2020. Pilkada tetap akan diselenggarakan 9 Desember 2020,” ujarnya, dikutip dari republika[dot]co[dot]id.

Sementara, Tito Karnavian mengatakan, di negara lain yang juga terkena dampak pandemi virus corona (Covid-19) masih tetap melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) sesuai dengan jadwal yang mereka sudah tentukan.

“Kalau lihat 60 negara di dunia semua on schedule seperti Amerika pada November tahun ini melaksanakan Pemilu yang lebih besar dari kita. Semua on schedule, Jerman dan Perancis juga melaksanakan,” katanya.

Kabupaten Kepulauan Anambas termasuk salah satu dari 270 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Oleh karenanya, Tito meminta kepada Bupati Kepulauan Anambas segera mencairkan anggaran Pilkada untuk KPUD dan Bawaslu Daerah.

“Apalagi kita sudah melaksanakan tatanan baru termasuk juga di politik terutama Pilkada. Karena 270 Kepala Daerah ini sudah ada batasnya harus diganti, kalau ditunda maka akan ada Plt dan kewenangannya terbatas karena mereka tidak dipilih oleh rakyat,” pungkasnya.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close