BeritaNasionalPolitik

Kesiapan New Normal, Jokowi Tinjau Masjid Baiturrahim

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan tinjauan ke Masjid Baiturrahim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Tinjauan itu dilakukan untuk melihat kesiapan dalam menerapkan prosedur kenormalan baru (new normal) pada bidang sarana ibadah.

“Pagi hari ini saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di Istana ini dalam rangka persiapan menuju sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru, untuk nantinya segera bisa kita pakai untuk salat berjamaah maupun salat sendiri,” kata Jokowi yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg) RI Pratikno, dikutip dari kabarpolitik[dot]com.

Dalam tinjauan tersebut, Presiden Jokowi memeriksa beberapa hal seperti penandaan jaga jarak antara jamaah dan kebersihan lingkungan masjid.

“Kita harapkan nanti apabila salat Jumat sudah dimulai lagi di Masjid Baiturrahim ini betul-betul sudah siap melaksanakan tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru,” ujar Jokowi.

Sementara, Mensekneg RI Pratikno menjelaskan bahwa masjid yang memiliki kapasitas menampung 750 jamaah tersebut nantinya akan dibatasi menjadi 150 jamaah untuk sementara waktu.

Dengan begitu, Sekretaris Negara (Setneg) sudah menyiapkan beberapa tempat lain yang dapat digunakan untuk menjalankan ibadah salat Jumat.

“Di lingkungan Istana (Jakarta) salat Jumat disiapkan di empat tempat. Di Masjid Baiturrahim, Gedung 1 Setneg, Gedung 3 Setneg, dan Gedung Krida Bhakti. Di Istana Bogor juga kita siapkan seperti ini,” urai Pratikno.

Tidak hanya itu, sejumlah titik di sekitar lokasi masjid juga turut disediakan sarana cuci tangan baik menggunakan sabun maupun hand sanitizer dan tisu antiseptik yang dapat digunakan para jamaah.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close