BeritaRegional

Hari ini Sekitar 1.500 Jemaah melakukan Salat Jumat di Masjid Agung Palembang dengan Protokol Kesehatan

BIMATA.ID, Palembang – Sebanyak 1.500 jamaah melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Palembang dengan menerapkan protokol kesehatan. Pelaksanaan shalat berjamaah ini merupakan yang pertama kalinya setelah sekitar dua bulan dihentikan sementara untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ketua Yayasan Masjid Agung Palembang, Kgs Ahmad Sarnubi, mengatakan pelaksanaan salat Jumat berjamaah ini dilakukan setelah adanya izin dari Pemkot Palembang, Kemenag, serta dewan masjid.

“Hari ini sekitar 1.500 jemaah yang ikut melaksanakan salat Jumat berjamaah,” katanya, Jumat (5/6/2020).

Antusias masyarakat untuk shalat berjamaah ini, kata dia, merupakan hal yang wajar. Hal itu mengingat himbauan untuk tidak melaksanakan shalat berjamaah sudah dikeluarkan pemerintah daerah sejak Maret 2020.

Dalam gelaran salat berjamaah perdana kali ini, petugas melakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat, masyarakat yang akan masuk ke area masjid terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya.

“Jika ada jemaah yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat, maka mereka diminta pulang dan tidak diperkenankan masuk,” katanya.

Disediakan sabun di setiap tempat berwudhu. Tak hanya itu, tempat ibadah juga sudah ditandai agar jemaah dapat tetap menerapkan pola jaga jarak saat beribadah. Petugas juga sudah menempatkan himbauan terkait pencegahan virus corona di sejumlah sudut masjid.

“Untuk sementara ini masjid hanya menggelar salat wajib saja. Sementara untuk kegiatan keagamaan lainnya belum akan dilakukan dalam waktu dekat,” katanya. 

Sumber : Kumparan

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close