Umum

Gerindra: Pancasila Bukan Milik Golongan Tertentu

BIMATA.ID, JAKARTA — Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR RI Heri Gunawan mengatakan Pancasila merupakan simpul yang telah mengikat bangsa Indonesia.

Pancasila adalah modal kebangsaan dan bukan milik golongan tertentu saja.

Demikian disampaikan politikus yang beken disapa Hergun tersebut dalam memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, kemarin.

Menurutnya, saat ini Pancasila diaktualisasikan dalam bentuk gotong royong. Manifestasinya adalah dialog dan musyawarah untuk mufakat.

“Pancasila adalah milik seluruh bangsa Indonesia, bukan hanya golongan tertentu. Sehingga, seluruh bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab untuk terus menghidupkan Pancasila. Inilah keseimbangan yang ingin dibangun oleh Pancasila dalam menjalankan negara,” kata Hergun, Senin malam.

Dia mengatakan bahwa Pancasila bukan hanya klaim sepihak atau segolongan semata-mata, tetapi representasi kesepakatan bersama dan sari pati dari relasi sosio-kultural serta yang paling penting adalah common dream (mimpi) semua anak bangsa.

“Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia harus terus diamalkan demi terwujudkan Indonesia maju, adil dan makmur,” sambung ketua DPP Gerindra ini.

Dalam memperingati hari lahir Pancasila, katanya, kehidupan politik nasional hari ini harus berbasiskan pada sila-sila dalam ideologi negara ini. Terutama mengedepankan semangat gotong royong. Salah satu contohnya, berbagai kebijakan yang dirumuskan oleh pemerintah maupun DPR, harus mengedepankan dialog.

JPNN

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close