BeritaPolitikRegional

Politisi Demokrat : Pentingnya Penanaman Pendidikan Moral Anak Sejak Dini

BIMATA.ID, JAKARTA- Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati, mengatakan pentingnya menanamkan pendidikan moral pada anak sejak usia dini, yakni tingkat sekolah dasar.

Hal tersebut menurutnya, dapat mencegah anak-anak dari pergaulan bebas pada usia remaja dan kenakalan remaja lainnya. Serta untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas di masa depan.

Untuk itu, politisi Partai Demokrat ini merekomendasikan kepada pemerintah provinsi untuk bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota agar rutin menggelar sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada para orang tua agar dapat membekali putra-putri mereka dengan pengetahuan yang cukup. Terutama tentang pendidikan moral sesuai ajaran agama dan standar moral di Indonesia.

“Anak merupakan investasi yang sangat penting bagi penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di masa depan. Untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas untuk masa depan, pendidikan moral merupakan salah satu hal yang penting untuk diberikan sejak usia dini,” katanya.

Puji menuturkan, pengembangan nilai-nilai moral anak usia dini harus dilakukan dengan tepat. Sebab jika hal ini tidak bisa tercapai, maka pesan moral yang akan disampaikan orang tua kepada anak menjadi terhambat.

Untuk itu, pengembangan nilai moral untuk anak usia dini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Sebab, anak usia dini adalah anak yang sedang dalam tahap perkembangan pra operasional konkrit, sedangkan nilai-nilai moral merupakan konsep-konsep yang abstrak.

Sehingga, dalam hal ini anak belum bisa menerima apa yang diajarkan guru dan orang tua yang sifatnya abstrak secara cepat.

“Oleh sebab itu, orang tua harus pandai-pandai dalam memilih dan menentukan metode yang akan digunakan untuk menanamkan nilai moral kepada anak agar pesan moral yang ingin disampaikan dapat benar-benar sampai dan dipahami untuk bekal kehidupannya di masa depan,”Katanya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close