BeritaHukumKesehatanPropertiRegional

Marsekal TNI dan Kapolri Cek Protokol Kesehatan Secara Langsung Di Pusat Keramaian Kota Semarang

BIMATA.ID, JAKARTA- Dalam rangka memantau seluruh fasilitas dan protokol kesehatan dalam menghadapi tatanan baru, dimasa transisi menuju New Normal, Panglima TNI Marsekal TNI DR. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., berkunjung ke Pollux Mal Paragon, Jl. Pemuda Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hadir juga dalam mendampingi Panglima TNI dan Kapolri, diantaranya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi serta Pangdam IV Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan kepada manajemen pusat perbelanjaan Mall Paragon untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan Gugus Tugas Covid-19. Rombongan lalu berkeliling melihat penataan pedagang yang menerapkan physical distancing, kemudian melanjutkan pengecekan di Mal Paragon. Di mal ini tampak semua pengunjung dicek suhu tubuhnya. Saat rombongan Hadi dan Idham datang, ada tes swab acak yang dilakukan ke pengunjung mal.

“TNI dan Polri dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk mendisiplinkan protokol kesehatan apakah mereka sudah sesuai dengan SOP yang dikeluarkan oleh mabes TNI atau mabes Polri. Ternyata mereka sudah melaksanakan sesuai ketentuan antara lain ketika masyarakat masuk depan mal sudah di-screening lihat temperatur apabila dibawah 37,5 derajat dipersilakan masuk,” ujar  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Minggu (21/6/2020).

“Demikian juga apabila ada yang temperatur lebih dari 37,5 maka akan diserahkan ke gugus tugas untuk dapat perawatan,” imbuhnya.

Hadi menuturkan semua pihak harus saling bergandeng tangan agar bisa aman beraktivitas di masa pandemi virus Corona atau COVID-19. Dia pun mengapresiasi semua pihak yang disiplin menerapkan protokol kesehatan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih karena kesuksesan pendisiplinan adalah kerja sama TNI Polri, Pemerintah daerah dan pengelola. Keempat adalah keikutsertaan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, sehingga masyarakat beraktivitas dan aman dari COVID. Sampai kapan? Ya sampai obatnya ditemukan,” terang Hadi.

“Seluruh mal Pollux antara lain Pollux Mall Paragon (Semarang), Pollux Mall Central City (Semarang), Pollux Mall Lafayette (Semarang), Pollux Mall Chadstone (Cikarang) dan Pollux Mall Meisterstadt yang akan beroperasi akhir tahun ini (Batam) sudah menaati protokoler kesehatan dan siap menerapkan new normal,” tutur Komisaris Utama PT Pollux Properti Indonesia Tbk, Jenderal (Purn) Timur Pradopo.

“Ini bagian dari komitmen kita menyambut era new normal. Kita harus bisa disiplin, dan menaati peraturan yang ada. Kita ikut anjuran gugus tugas dan pemerintah. Contoh liftnya sudah tidak perlu disentuh, suhu ditest, dan juga kepadatan di dalam mall kita jaga menyesuaikan dengan luasan yang ada di mall kami,” ujar Jenderal (Purn) Timur Pradopo.

“Dalam persiapan menuju New Normal, kami berlakukan protokol kesehatan untuk pencegahan dalam pandemi Covid-19. Dari awal kami mewajibkan pengunjung untuk pakai masker bila tidak pakai masker tidak boleh masuk, suhu badan pengunjung maksimal 37,5 derajat, hand sanitizer kami siapkan di setiap lobby masuk, kami juga pasang list line dan kros line, fungsinya untuk menjaga jarak diantara pengunjung di dalam Mal,” ujar General Manager Pollux Mall Paragon, Lie Jemmy.

“Dalam masa transisi ini belum semua tenant dibuka. Baru 80% -88% tenant yang baru buka, semuanya akan kita jaga sebaik-baiknya. Ada beberapa tenant yang belum diijinkan pemerintah untuk dibuka diantaranya bioskop XXI dan food court juga belum maksimal dalam operasinya,” pungkas Jemmy.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close