GawaiSains & Tek

Ini Dia 5 Fitur Android 11 Yang Mirip Dengan IPhone

BIMATA.ID, Tech — Fitur-fitur baru yang baru-baru ini dirilis oleh Google di Android Beta 11 tak asing bagi para pengguna IOS. Dilansir dari The Verge hal tersebut memang kerap terjadi dalam dunia teknologi, ketika ada ide menarik dari IOS maka Android akan mengikuti dan sebaliknya.

Google juga menjelaskan jika ingin menggunakan Android 11 ini maka pengguna harus mendaftar ulang karena pendaftaran sebelumnya tidak terbawa ke Android 11.

Berikut ini daftar 5 fitur baru di Android 11 yang mirip di IOS.

  1. Smart Home Control

Salah satu perubahan paling baru yang mencolok adalah fitur Smart Home Control melalui menu tombol daya tekan Google yang baru. Sama seperti iOS (yang menambahkan kontrol perangkat HomeKit ke menu Control Center Apple di iOS 10), pengguna akan dengan mudah mengontrol Google Home ke smart devices dari mana saja di Android.

  1. One – Time Permission

Diperkenalkan oleh Apple di iOS 13 tahun lalu, Android 11 juga mendapatkan opsi untuk menyetujui izin seperti lokasi dan akses kamera berdasarkan kasus per kasus. Alih-alih memberikan izin sweeping jangka panjang, Android 11 akan membiarkan pengguna mengakses ke sumber daya yang dilindungi hanya sekali saja. Versi Google mengambil langkah lebih jauh, meskipun Anda memberikan izin yang diperpanjang tetapi belum menggunakan aplikasi dalam beberapa saat, Android 11 akan mengatur ulang semua izin yang diberikan.

  1. Easy Media Switching Controls

Android 11 dirancang Google lebih mudah untuk beralih ke media eksternal seperti speaker Bluetooth atau earbuds yang dioperasikan oleh fitur notifikasi drop-down. Fitur itulah yang identik dengan AirPlay pada Control Center iOS.

  1. Screenshoot Interface

Pada bagian screenshoot Interface sedikit ada perubahan, Android 11 menghadirkan Screenshoot Interface yang mirip dengan UI yang diperkenalkan iOS 11 pada iPhone. Ketika kita sedang melakukan screenshoot maka akan langsung muncul di preview bawah layar yang bisa langsung edit dan share.

  1. Native Screen Recording

Soal screen recording memang iOS bukan yang pertama memperkenalkannya, karena fitur ini telah dikembangankan kedua perusahaan. Android telah memilikinya di seri beta, tetapi versi resminya telah ditinggalkan. Maka versi resmi screen recording diperkenalkan oleh iOS 11.

Selain itu Android 11 juga meniru iOS 11 dengan menggunakan quick setting.

 

Sumber: tirto

Editor: akm

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close