BeritaRegional

Sebanyak 2,1 Juta KK di Jakarta Terima Bansos Tahap Kedua Besok Kamis

BIMATA.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta akhirnya membuka data penerima bantuan sosial (bansos) tahap kedua yang akan disalurkan besok Kamis (14/5/2020). Sebanyak 2,1 juta kepala keluarga (KK) menjadi target penyaluran bansos tahap kedua.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jakarta, Ahmad Riza Patria, Rabu (13/5/2020). Dia menjelaskan data penerima bansos itu difinalisasi bersama Kementerian Sosial (Kemensos).

“Bansos tahap kedua akan disalurkan 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah sesuai hasil rapat,” katanya.

Riza mengatakan 2.153.196 KK penerima bansos tahap kedua tersebar di berbagai wilayah di Jakarta. Penyaluran tersebut dibagi dua antara Pemprov Jakarta dan Kemensos.

Sekitar 1,3 juta KK akan ditanggung pemerintah pusat melalui Kemensos. Sementara sisanya, yaitu 853.196 KK akan menerima bansos yang diberikan melalui APBD Jakarta.

Riza tidak menjelaskan secara detail apakah nilai bansos yang diberikan pada tahap kedua sama dengan tahap pertama. Pada tahap pertama penyaluran bansos pada 9-24 April 2020 lalu ada 1,2 juta KK yang menerima.

Paket bansos tidak diberikan dalam bentuk uang tunai melainkan bahan baku pangan. Antara lain beras lima kilogram satu karung, sarden dua kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter satu pouch, biskuit dua bungkus, serta masker kain dua pcs, dan sabun mandi dua batang.

“Kami berterima kasih pemerintah pusat ikut turun tangan membantu warga Jakarta yang terdampak corona,” kata Riza.

Sumber : iNews

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close