BeritaNasional

Kejahatan Jalanan Saat Covid-19 Meningkat Polisi Dibantu Petugas Keamanan

BIMATA.ID, JAKARTA – Polri memanfaatkan bantuan petugas keamanan dalam rangka mencegah terjadinya kejahatan jalanan selama wabah Covid-19 .

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono menuturkan, pihaknya berkomunikasi dengan petugas keamanan di setiap daerah agar masyarakat merasa aman.

“Hampir di setiap perumahan, di setiap kawasan, itu ada yang jaga di sana. Dan kami memanfaatkan orang-orang tersebut yang jaga di sana untuk membantu dalam hal pengamanan dan memberikan rasa aman kepada warga,” kata Argo melalui siaran langsung di akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (6/5/2020).

Berdasarkan data Polri, terjadi penurunan angka kejahatan dari bulan Maret hingga April 2020 sebesar 19,90 persen.

Rinciannya, terdapat 19.128 kasus kejahatan yang terjadi selama Maret. Jumlahnya menurun sebanyak 3.806 kasus sehingga menjadi 15.322 kasus di bulan April.

Meski angka kejahatan secara keseluruhan menurun, polisi mencatat adanya peningkatan pada sejumlah jenis tindak pidana.

Jenis yang meningkat adalah kejahatan jalanan, seperti penjambretan, perampokan, pencurian kendaraan bermotor, dan pembongkaran minimarket.

Selain itu, Argo menuturkan, Polri juga melakukan patroli gabungan bersama TNI.

“Untuk melaksanakan patroli bersama TNI, dengan harapan kehadiran TNI dan polisi di lapangan sehingga pelaku kejahatan akan mengurungkan niatnya,” ujar dia.

Editor : Ozie

Sumber : kompas

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close