BeritaNasional

Menkominfo Berharap Aplikasi “Peduli Lindungi” Bantu Putus Rantai Penularan Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny G Plate berharap aplikasi “Peduli Lindungi” yang tersedia di sistem android dapat membantu memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Aplikasi ini diciptakan untuk mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP),” ujar Johnny dalam keterangan tertulis, Rabu (8/3/2020).

Johnny mengatakan melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja melakukan kontak.

“Kami berharap dengan itu, maka monitoring dan pergerakan baik pasien atau yang sudah tertular atau yang masih di dalam pemantauan dapat dilakukan monitoring secara online pergerakannya,” kata dia.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memudahkan masyarakat yang tengah beraktivitas di luar rumah untuk mewaspadai kurir pembawa virus.

Namun dengan catatan, seluruh masyarakat baik yang positif, sembuh, dalam pemantauan, maupun sehat memberikan informasi dirinya. Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di “Peduli Lindungi”.

Apabila terdeteksi adanya ancaman virus dalam radius dekat, maka sistem akan menginformasikan ke si pengguna. Nantinya, masyarakat akan diberikan informasi secara langsung bahwa di sekitar mereka dalam jarak dua sampai lima meter berpotensi adanya kurir pembawa virus.

“Mereka akan diminta untuk segera menghindar dan menjauhkan diri darinya,” jelas dia.

Penulis : ANY
Editor : FID

Kompas.com

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close