BeritaNasionalPolitik

Legislator Golkar Imbau Wartawan Jaga Keselamatan Diri Saat Tugas Di Lapangan

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Meutya Hafid mengimbau wartawan untuk menjaga keselamatan diri ketika sedang menjalankan tugas sehingga dapat terhindar dari infeksi virus corona (Covid-19).

Sebelumnya, terdengar kabar bahwa terdapat sejumlah wartawan yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 ketika menjalankan tugas di lapangan.

“Kepada para wartawan yang menjadi garda terdepan di saat pandemi seperti saat ini, kami mohon juga untuk melakukan disiplin mandiri dalam peliputan-peliputan terkhusus liputan Covid-19,” ungkapnya, dikutip dari celebestopnews[dot]com, Jumat (10/4/2020).

Ketua Komisi I DPR RI ini menuturkan, wartawan merupakan pilar penting dalam menyampaikan informasi ke masyarakat terutama tentang perkembangan Covid-19.

“Komisi I menilai bahwa peran wartawan ini menjadi amat sangat penting, tadi kami juga titipkan kepada Kepala Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo untuk juga memperhatikan teman-teman wartawan terkhusus pada peliputan-peliputan Covid-19,” tuturnya.

Selain itu, Meutya mengingatkan wartawan bila tidak bertugas di lapangan maka cukup membuat laporan di rumah dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Teman-teman, selama tidak bertugas di luar bisa melakukan pelaporan-pelaporan dimana memungkinkan melalui di rumah saja. Tentu ikut juga mendukung kebijakan-kebijakan yang kita harapkan bisa mengamankan diri dan keluarga dari teman-teman wartawan itu sendiri,” lanjutnya.

Kemudian, Ketua DPP Partai Golkar ini menitip pesan agar ke depan penyelenggaraan konferensi pers dapat mematuhi protokol kesehatan yang sudah disampaikan oleh Gugus Tugas Covid-19.

“Tidak boleh lagi ada wartawan dibiarkan berkerumun sehingga dapat menjadi potensi penyebaran Covid-19,” katanya.

Meutya juga meminta kepada Perusahaan Pers untuk membekali wartawan dengan edukasi dan tata cara melakukan peliputan lapangan dengan metode jaga jarak aman fisik.

“Terhadap Perusahaan Pers agar berperan bertanggung jawab untuk mengedukasi para wartawannya untuk juga melakukan physical distancing untuk keamanan bersama,” tutupnya.

Penulis: MBN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close