BeritaNasional

Humor Gus Dur: Diusili Malah Dapat Rezeki Nomplok

BIMATA.ID, Jakarta- Kebesaran nama KH. Abdurrahman Wahid sekaligus kebaikan hatinya kerap membuat sejumlah oknum memanfaatkan nama Gus Dur untuk kepentingan pribadi. Seperti kisah pencatutan nama Gus Dur yang berakhir dengan tawa bahagia.

Suatu hari seorang aktivis Nahdlatul Ulama (NU) dari Jawa Tengah, Agus mendatangi Menteri Kehutanan RI Soedjarwo. Ia bercerita kalau Gus Dur butuh bantuan dana untuk menghadiri sebuah seminar di Amsterdam, Belanda. Soedjarwo mengiyakan untuk membantu. Saat dana sudah siap diambil, sang menteri menghubungi Gus Dur.

“Gus, katanya mau ke Amsterdam. Dana sudah siap, bisa diambil sekarang,” cerita Gus Dur menirukan ucapan Soedjarwo.

Gus Dur tanpa basa basi mendatangi kantor Departemen Kehutanan di bilangan Senayan, Jakarta Selatan. Saat bertemu, Gus Dur menjelaskan tidak ada rencana ke Amsterdam dan menyangka si aktivis Agus mengerjai Soedjarwo. Tak disangka, Soedjarwo ngotot memberikan uang sumbangannya dan Gus Dur pasrah sambil mengucapkan terima kasih.

Lima hari kemudian, si Agus menelepon Gus Dur. Gus Dur pun sempat menggodanya.

“Mana Gus, bagi uangnya!”kata Agus.

“Uang apa? Sudah habis buat beli tiket ke Amsterdam terus keliling Eropa. He..he..he,” jawab Gus Dur.

Agus pun dikabarkan kapok mencatut nama Gus Dur lagi.

“Jadi rezeki itu termasuk rezeki¬†min ghoiru laa yahtasib¬†(rezeki tidak terduga),” urai Gus Dur tentang kelakuan si tukang usil, Agus.

*Diadaptasi dari buku Mata Batin Gus Dur: Cerita-Cerita Unik Bersama Sang Kiai karya Imam Anshori Saleh

Editor : FID

Okezone

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close