Regional

4 Miliar Anggaran HUT Gianyar dan PKB Untuk Tanggulangi COVID-19

BIMATA.ID, Gianyar Bali – Untuk pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gianyar dan Pesta Kesenian Bali (PKB), Gianyar menganggarkan Rp 7 miliar, namun Rp 4 miliar akan digunakan untuk penanganan Covid-19. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kesenian, dan Tenaga Kebudayaan Dinas Kebudayaan Gianyar, I Wayan Darya saat ditemui di ruangannya, Senin (6/4/2020).

bahwa anggaran pentas pada PKB dipastikan akan dialihkan guna menangani wabah virus Korona, sedangkan dana perayaan HUT Kota Gianyar yang sudah berjalan di masing-masing kecamatan, bisa dicairkan.

 “Untuk PKB memang belum bisa dicairkan. Dana itu otomatis dialihkan ke sana (covid-19,Red) karena anggaran kas bulan April dan Mei dianggap tidak jalan. Kalau HUT Kota dan PKB dianggarkan Rp 7 miliar, namun dialihkan sekitar Rp 4 miliar,” terangnya.

Pria asal Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati itu menyebutkan, masing-masing kecamatan yang hendak tampil di HUT Kota dan PKB sudah siap 60 persen bahkan ada yang sampai 90 persen. Semua perwakilan pun sudah uji coba dengan ngayah di pura-pura. Karena adanya wabah ini, membuat mereka tidak bisa tampil, namun akan tetap ditampilkan pada tahun depan.

“Tahun depan akan ditampilkan. Meski ada yang kecewa, tetapi sebagian besar sekaa-sekaa cukup mengerti dengan musibah bersama ini. Sedangkan saya pastikan semua tampil tahun depan dengan tema dan isi yang sama. Hanya saja ditunda sampai satu tahun. Bisa tahun depan tidak ikut jika mereka (sekaa, Red) mengundurkan diri atau dengan alasan lain,” imbuhnya.

selain pementasan seni berupa pawai, berbagai lomba dan penghargaan juga ditiadakan untuk tahun ini serangkaian HUT Kota Gianyar. 

“Termasuk semua porsenijar dicancel. Perlombaan lukis, tari, penjor, dan termasuk empat pemberian penghargaan ditunda juga. Padahal persiapan sudah matang dan piagam sudah tinggal isi nama. Karena keadaan seperti ini, mau tidak mau harus ditunda,” tandasnya.

Sumber Jawa Pos
Editor Ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close