Nasional

1,3 Juta Orang di Jabodetabek Berpotensi mudik

BIMATA.ID, Jakarta – Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyatakan 1,3 juta orang di Jabodetabek masih berpotensi melakukan mudik. Adapun hingga saat ini sekitar 900.000 orang sudah melaksanakan mudik ke daerahnya masing-masing.

Ketua MTI Agus Taufik Mulyono mengatakan, data tersebut terungkap dalam rapat bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan stakeholders transportasi.

“Berdasarkan hasil rapat dengan Kemenhub, sekitar 900.000 orang sudah mudik sisanya tinggal 2,6 juta yang belum pulang,” kata Agus Taufik Mulyono dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Dari 2,6 juta yang belum mudik itu, lanjut Agus, 50 persen di antaranya atau sekitar 1,3 juta orang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil, pegawai BUMN, TNI, Polisi yang diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo untuk tidak mudik. Oleh karenanya, masih ada 50 persen atau 1,3 juta orang lainnya yang berpotensi melakukan mudik.

“Ada 1,3 juta orang dianggap masih ada kata ingin mudik. Ini 1,3 juta orang dari Jabodetabek yang belum memutuskan tapi berpotensi,” tutur Agus.

untuk penyebaran mobilitas mudik kali ini di antaranya ke Jawa Barat sekitar 13 persen, Jawa Tengah dan Yogyakarta 41 persen, Jawa Timur 20 persen, lalu Lampung serta Sumatera Selatan 8 persen.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close