GawaiInfo SainsPeranti

WhatsApp resmi luncurkan Fitur Dark Mode (Mode Gelap)

WhatsApp akhirnya merilis fitur dark mode bagi Android dan iOS iPhone. Hal ini diumumkan langsung di blog resmi perusahaan.

Fitur ini merupakan salah satu yang paling banyak ditunggu-tunggu pengguna WhatsApp, mengingat tren mode gelap di sejumlah aplikasi

Dikutip dari blog resmi whatsapp, Mode gelap untuk WhatsApp menawarkan tampilan baru pada pengalaman yang familiar. Fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah. Kami harap fitur ini dapat membantu mencegah situasi yang tidak nyaman ketika telepon Anda menerangi ruangan.

WhatsApp meluangkan waktu untuk melakukan penelitian dan eksperimen dengan berfokus pada dua area keterbacaan dan hierarki Informasi

Keterbacaan yakni Ketika memilih warna, guna meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih mendekati default sistem pada iPhone dan Android

Hierarki Informasi yakni untuk membantu pengguna agar dapat dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada setiap layar. Kami melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok.

Untuk mengaktifkan fitur dark (mode gelap) bagi pengguna Android 10 dan iOS 13 dapat mengaktifkannya di pengaturan sistem.

Pengguna Android 9 atau yang lebih lama dapat mengaksesnya dengan membuka Setelan WhatsApp > Chat > Tema > pilih ‘Gelap’.

Cara mengaktifkan Dark Mode sebagai berikut :

Masuk ke menu Settings (pengaturan) -> Display -> Select Theme -> Dark. Ini adalah tema gelap bawaan yang ditambahkan Google pada Android Q.
Jika dark theme sudah diaktifkan, selanjutnya kalian perlu mengaktifkan opsi developer untuk memberikan izin. Caranya, kembali ke Settings -> About Phone.
Kemudian, scroll ke bawah hingga menemukan ‘Build Number’. Tap beberapa kali hingga muncul pesan ‘Developer Options is turned on’ penanda opsi developer diaktifkan.
Setelah Developer Options aktif, cari ‘Override force-dark’ lalu klik. Ini memastikan bahwa kalian bisa menggunakan tema gelap di dalam WhatsApp.
Langkah-langkah di atas akan mengaktifkan tema gelap untuk WhatsApp di Android Q. Untuk mendapatkan pengalaman mode gelap seutuhnya, pastikan kalian menggunakan wallpaper gelap gelap sebagai background WhatsApp.

 

Editor: WS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close