NasionalPolitik

Pencegahan Korona Dijadikan Momen Bangun Solidaritas Nasional

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengimbau masyarakat tidak panik dalam menghadapi virus korona (covid-19). Rerie, sapaan Lestari, mengajak warga bersatu melewati wabah ini.

“Jadikan ini sebagai gerakan solidaritas nasional. Mari hadapi situasi ini bersama-sama, dimulai dari diri sendiri dan keluarga,” kata Rerie dalam keterangan pers, Selasa, 17 Maret 2020.

pemerintah tengah bekerja keras mengatasi virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu. Langkah-langkah mitigasi covid-19 juga dijalankan.

“Adalah bijak apabila kita memberikan waktu kepada pemerintah untuk bekerja,” ungkap Rerie.

Pernyataan ini diungkap untuk merespons pemberitaan yang menyebut adanya lonjakan harga kebutuhan pangan di pasar. Harga komoditas seperti gula pasir, telur, dan beberapa bumbu dapur seperti cabai dan bawang bombai dikabarkan naik.

“Pemerintah telah memastikan stok sebelas jenis bahan kebutuhan pokok pangan dalam kondisi aman,” ujar Rerie.

Sebelas komoditas ini meliputi beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng. Dia menegaskan publik tak perlu khawatir stok pangan menipis sehingga harga naik.

Rerie menekankan publik memang perlu mawas diri, tetapi harus tetap rasional. Warga harus membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19. Dia mengambil contoh permintaan Presiden Joko Widodo agar masyarakat melakukan aksi jaga jarak ( social distancing ).

Social distancing bisa juga dimaknai sebagai upaya karantina diri, sementara waktu menjauhkan diri satu sama lain agar tidak tertular,” ujar Rerie.

Langkah pencegahan, kata dia, dapat efektif bila semua pihak disiplin.Di sisi lain, pemerintah perlu membuat aturan turunan yang mendukung pelaksanaannya.

Sebagai wakil rakyat,Rerie berjanji akan terus melihat kerja pemerintah. Dia tak segan memberikan masukan maupun kritik apabila pemerintah lalai akan tugasnya.

“Seperti pada awal virus ini menyebar di berbagai negara, saya terus menerus mengingatkan dan memberi masukan kepada pemerintah untuk segera membuat langkah antisipasi,” sambung dia.

 

Sumber: medcom[dot]id
Editor: Ozi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close