PertanianRegional

Pembagian 23 Ribu Kartu Tani Dihadiri Bupati Kerinci

BIMATA.ID, Kerinci- Penyerahan kartu tani diserahkan oleh Bupati Kerinci di ruang pola Kantor Bupati Kerinci, pada acara penyerahan kartu tani serta sosialisasi KUR dan Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) tahun 2020. Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kerinci, Radium Halis mengatakan, kartu tani diberikan kepada 23 ribu yang tergabung dalam Kelompok Tani dalam desa di setiap kecamatan.

“Hari ini kita serahkan 23 ribu kartu untuk 2019, sesuai dengan RDKK yang kita data. Kartu ini digunakan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Jika tidak ada kartu tani, maka tidak dapat pupuk subsidi,” katanya.

Dinas Tanaman Pangan juga melakukan sosialisasi soal Asuransi Usaha Tanaman Pangan (AUTP). Pihaknya berharap, petani mau mengasuransikan tanaman padi mereka, supaya petani tidak rugi ketika ada bencana datang.

“Jadi supaya tidak rugi saat hama menyerang, banjir dan kekeringan, atau terjadi gagal panen, maka pihak asuransi akan bayarkan asuransi sebesar Rp 6 juta per hektar tiap musim tanam,” ungkapnya.

Petani cukup membayar premi Rp 36 ribu, sedangkan sisanya ditanggung pemerintah daerah sebesar Rp 149 ribu.

“Untuk mengasuransikan lahan, petani juga melalui kelompok tani,” ungkapnya

 

Sumber :kompas[dot]com
Editor :ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close