PertanianUMKM

Pasar Tani Sediakan Bibit Murah Untuk Petani

BIMATA.ID, Kotabaru– Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru menggelar pasar tani murah yang bertempat di Wisata Siring Laut Kotabaru.

Tujuan pasar tani murah ini untuk mempromosikan hasil produk-produk pertanian di Kotabaru sekaligus menghindari inflasi harga pangan di pasaran serta mendorong semangat para petani agar tetap mau untuk bertani.

Tampak terlihat Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad juga hadir di pasar tani murah ini untuk melihat secara langsung aktivitas warga yang sangat antusias terhadap pasar tani ini.
Kehadiran pasar tani ini meski masih berkala kecil tetapi telah dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh Masyarakat kecil untuk memperoleh komoditi pertanian dan perkebunan lebih murah pada harga yang ada dipasaran, ucap Sekda saat dijumpai Kalselpos di pasar ini.

Pasar tani lanjut Sekda, merupakan program Dinas Pertanian yang memfasilitasi pembeli dan pelaku usaha pertanian serta bahan pokok lainnya antara penjual dan pembeli bertemu secara langsung. Berbagai produk hasil pertanian di Kotabaru dijual oleh pedagang di lapak-lapak yang telah disediakan oleh panitia.

“Dengan adanya pasar tani yang dilaksanakan di Siring Laut kita bisa menampung hasil pertanian dan masyarakat pun bisa langsung membeli dengan petani yang langsung menjual dengan harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat. Pasar tani ini juga sekaligus mengantisipasi inflasi karena Kotabaru sudah ditetapkan sebagai Kota Inflasi di Provinsi Kalimantan Selatan,” ungkap Sekda H Said Akhmad.

“Mudah-mudahan apa yang sudah difasilitasi oleh Pemerintah Daerah akan terus berkelanjutan serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat apa lagi dalam menghadapi Bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba,” ucapnya.
Untuk diketahui di pasar tani murah ini komoditi yang dijual yaitu sayur-sayuran, bahan pokok seperti beras, minyak goreng maupun telur, ayam dan daging selain itu juga ada dijual berbagai tanaman bunga sampai pohon cabe.

Sumber :kalselpos.com
Editor :ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close