Nasional

Muzani : Swasta Mengambil Peran Negara Dalam Pendidikan

BIMATA.ID, Bandung– Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Ahmad Muzani menegaskan bahwa negara bertanggung jawab atas pendidikan masyarakat Indonesia.

Hal itu terungkap saat Darul Hikam Education Conference 2020 membahas arah baru pendidikan Indonesia di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat, Kamis, 5 Maret 2020.

“Sesungguhnya pendidikan kita itu adalah tanggung jawab negara, negara bertanggung jawab atas seluruh proses pendidikan di wilayah Indonesia, tapi kenapa negara mengatakan dana pendidikan itu terbatas,” ungkapnya.

Padahal menurut dia di tahun 2018 negara menggelontorkan 20% Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk anggaran pendidikan nasional atau sebesar Rp. 444 Triliun rupiah, dan tahun 2019 sebanyak Rp.492 Triliun rupiah.

“Itu pun belum cukup, maka sebagian dari tanggung jawab itu diberikan ke Swasta. itulah yang dipikul lembaga pendidikan Darul Hikam, itulah yang dipikul oleh lembaga pendidikan dari Muhammadiyah, Persis NU, dan semua lembaga pendidikan lainya karena pendidikan menjadi tanggung jawab kita bersama,” terang politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Dia pun mengakui bahwa semakin besar biaya pendidikan maka semakin kompleks masalah yang dihadapi termasuk problem mutu pendidikan dan kesejahteraan guru yang masih rendah.

Dalam kegiatan tersebut hadir kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil serta Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Sodik Mudjahid yang juga pimpinan Yayasan Darul Hikam.

 

Penulis: Usman
Editor: Mal

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close