HeadlineNasional

Menkes Anggap Enteng Corona, NCID: Jokowi Harus Ambil Tindakan Tegas

Direktur Eksekutif Nurjaman Center Indonesia Demokrasi (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, munculnya desakan dari masyarakat agar Jokowi segera mengambil tindakan tegas terhadap Menteri Kesehatan dr. Terawan karena dianggap lalai dan menganggap enteng permasalahan virus corona (Covid 19) yang kini semakin mengkhawatirkan.

Pasalnya, penyebaran Covid 19 dari data sementara yang ditampilkan oleh pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jabar tingkat penyebarannya semakin meluas sehingga mengakibatkan kekhawatiran besar di masyarakat.

“Publik memahami jika permasalahan ini sudah menjadi perhatian dunia yang kini belum juga menemukan solusinya, namun melihat sikap pemerintah justru tidak mengambil tindakan tegas bahkan malah mempertontonkan sesuatu yang seolah telah menemukan jalan keluar atas permasalahan ini, dengan adanya beberapa pejabat negara yang kini diduga telah positif corona semakin membuktikan kinerja Menkes dr Terawan perlu dievaluasi Presiden”, tutur Jajat.

Jajat menilai, pemerintah harus belajar dari negara-negara lain bagaimana mengantisipasi situasi ini sebelum makin bertambah, pada dasarnya memang benar mengurus ekonomi itu penting tapi untuk saat ini kesehatan warga negara lebih penting dari apapun, untuk itu Presiden tidak cukup membentuk satuan gugusan khusus tanpa melakukan evaluasi atas kinerja Menkes sebelumnya.

“Kondisi saat ini yang diperlukan adalah pemahaman dan kerjasama semua pihak sehingga bisa bersama-sama mencarikan solusi terbaik, namun dengan catatan pemerintah sendiri harus berani terbuka dan tidak lagi menganggap enteng permasalahan ini”, tutup Jajat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close