EdukasiFakta Dunia

Mengenang Gito Rollies

Sudah 12 tahun Indonesia kehilangan penyanyi legend Indonesia. Ya, siapa lagi kalau bukan Gito Rollies alias Bangun Sugito. Beliau lahir di Biak, Papua, 1 November 1947 dan meninggal di Jakarta, 28 Februari 2008 pada umur 60 tahun. Beliau adalah penyanyi dan aktor film legend Indonesia.

Gito adalah mantan suami dari penyanyi Indonesia, Uci Bing Slamet. Ratna Lusiana Albar atau lebih dikenal dengan Uci Bing Slamet sendiri lahir di Jakarta, 8 Februari 1963. Ratna adalah anak dari pelawak dan penyanyi yang terkenal pada tahun 1970-an Bing Slamet. Ia juga mempunyai dua adik yang mengikuti langkah ayahnya yaitu Adi Bing Slamet dan Iyut Bing Slamet. Uci mempunyai seorang putra bernama Galih Satria Permadi dari pernikahannya dengan Gito Rollies.

Nama Rollies diambil dari grup band asal Bandung yang pernah terkenal pada masa 1960-an sampai dengan 1980-a. Grup musik ini beraliran jazz rock, pop, soul funk. Para personelnya antara lain terdiri dari Bangun Sugito (vokal), Delly Joko Arifin (keyboards/vokal), dan Teungku Zulian Iskandar (saxophone).Benny Likumahuwa (trombon) dan Bonny Nurdaya (gitar) Oetje F Tekol (bass), Jimmy Manoppo (drum), Didit Maruto (Trumpet) dan juga pendiri dan mantan personelnya almarhum Deddy Stanzah dan Iwan Krisnawan.

Gito juga pernah berkiprah dalam dunia film, termasuk dalam film Kereta Api Terakhir dan Janji Joni.

Sejak 2005, penyanyi berdarah Jawa bersuara serak dengan gaya panggung yang atraktif ini terbaring lemah tak berdaya terserang kanker kelenjar getah bening. Seminggu tiga kali ia harus menjalani kemoterapi di sebuah rumah sakit di Singapura, setelah sebelumnya menjalani operasi. Gito akhirnya wafat pada tanggal 28 februari 2008 setelah menjalani pengobatan.

Editor : Adwin KS
Sumber : wikipedia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close