4 Sehat 5 Sempurna

Makan Makanan Berlemak Ternyata Ada Pengaruhnya Bagi Kesuburan

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita adalah persentase lemak dalam tubuhnya. Lemak tubuh yang terlalu sedikit bisa menyebabkan berhentinya menstruasi sehingga kesuburan akan turut menurun. Jika demikian, apakah wanita harus banyak makan makanan berlemak untuk meningkatkan kesuburan mereka?

Pengaruh persentase lemak terhadap kesuburan

Tubuh wanita yaitu memiliki dua hormon reproduksi utama, salah satunya adalah estrogen. Estrogen berfungsi dalam pematangan organ reproduksi wanita, terutama untuk perkembangan payudara, pertumbuhan rambut kemaluan, serta siklus menstruasi. 

Sebagian besar estrogen diproduksi oleh ovarium, yaitu sepasang kelenjar pada organ reproduksi yang turut menghasilkan sel telur.

Selain itu ovarium, hormon ini juga diproduksi oleh sel-sel lemak serta kelenjar adrenal yang terdapat pada ginjal.

Jumlah hormon estrogen berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi. Produksi hormon estrogen mencapai puncaknya saat pertengahan siklus, lalu menurun saat menstruasi. Produksi hormon ini akan terhenti sepenuhnya saat anda mengalami menopause.

Makanan berlemak memang tidak secara langsung meningkatkan kesuburan. Namun, lemak adalah bahan baku untuk membentuk estrogen. Jika anda kekurangan lemak, tubuh tidak bisa memproduksi cukup estrogen yang diperlukan dalam siklus menstruasi normal.

Melansir laman Hormone Health Network, rendahnya jumlah estrogen bisa mengurangi frekuensi menstruasi, bahkan bisa menghentikannya. Kekurangan estrogen juga dapat memicu gejala mirip menopause, seperti berikut:

  • Sensasi hangat atau panas pada tubuh (hot flashes)
  • Gangguan tidur
  • Menurunnya gairah seksual
  • Vagina mengering
  • Perubahan mood secara mendadak (mood swing)

Kekurangan estrogen juga turut menghambat ovulasi, yaitu proses pelepasan sel telur dari ovarium. Jika ovulasi tidak terjadi  sperma tidak dapat membuahi sel telur. Akibatnya, tingkat kesuburan menurun dan kehamilan pun akan lebih sulit terjadi.

Makanan berlemak yang membantu meningkatkan kesuburan

Makan makanan berlemak memberikan manfaat bagi kesuburan. Asupan lemak yang cukup mendukung berlangsungnya ovulasi sehingga pembuahan dapat terjadi. Ini sebabnya anda perlu mendapatkan asupan lemak untuk bisa mengalami kehamilan.

Akan tetapi, anda harus tetap mencermati jenis lemak yang dikonsumsi. Jenis lemak yang bisa membantu kesuburan adalah lemak tak jenuh, termasuk asam lemak omega-3.

Lemak tak jenuh adalah lemak menyehatkan yang dapat menurunkan kolesterol, meredakan peradangan, dan baik bagi kesehatan jantung.

Makanan berlemak dari jenis ini juga dapat meningkatkan produksi estrogen sehingga bermanfaat bagi kesuburan.

Berikut adalah beberapa bahan makanan kaya lemak tak jenuh untuk menambah kesuburan:

  • Ikan salmon, tuna, hering, mackerel, dan teri.
  • Alpukat, baik segar ataupun dalam bentuk minyak.
  • Kacang kenari, pistachio, pecan, dan almond.
  • Buah zaitun dan minyaknya.
  • Minyak canola, minyak jagung, dan minyak kedelai.
  • Biji labu, biji bunga matahari, biji chia, dan biji flax.
  • Telur dan daging ayam.
  • Cokelat hitam.

Makanan berlemak yang perlu dihindari

Di sisi lain, ada pula jenis lemak yang dapat menghambat kesuburan anda, yakni lemak jenuh dan lemak trans. Keduanya banyak terdapat dalam produk makanan olahan, junk food, beberapa jenis margarin, dan produk makanan tinggi gula.

Bisa meningkatkan kesuburan, makanan berlemak ini justru menimbulkan dampak sebaliknya. Pola makan tinggi lemak trans dapat memicu resistensi insulin, yakni penurunan respons tubuh terhadap hormon insulin yang mengatur gula darah.

Resistensi insulin kemudian menyebabkan berbagai gangguan metabolisme, termasuk menghambat ovulasi. Dampaknya adalah ovulasi tidak terjadi, begitu pun dengan menstruasi, pembuahan, dan kehamilan.

Makanan berlemak dapat menambah kesuburan, tapi lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh yang menyehatkan tubuh. Batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans karena keduanya justru berdampak buruk bagi kesuburan.

Selain lemak, lengkapi pula asupan harian anda dengan karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral. Pastikan seluruhnya terdapat dalam menu harian karena tubuh anda membutuhkan beragam nutrisi tersebut untuk mendukung kehamilan.

Jika anda ragu mengenai komposisi makanan yang tepat bagi kesuburan anda, silakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, ya! Salam hidup sehat.

 

Sumber : hallosehat
Editor: DN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close