Jiwa & Raga

Kadar Hb Terlalu Tinggi, Apakah Berbahaya Dan Perlu Diturunkan?

Ketika donor darah, petugas donor akan memeriksa kondisi darah (kadar hb) dan kesehatan anda terlebih dahulu. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan tinggi atau rendahnya hemoglobin atau Hb dalam darah. Jika kadar hemoglobin terlalu rendah atau tinggi, biasanya petugas donor akan menolak darah anda. Namun, bagaimana bila hemoglobin terlalu tinggi? Apa yang menyebabkan kadar hb tinggi?

Apa itu kondisi Hb tinggi?

Hemoglobin (Hb atau Hgb) adalah protein dalam sel darah merah yang juga berisi zat besi. Darah berwarna merah karena adanya kandungan protein hemoglobin. Fungsi Hb adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, terutama paru-paru.

Namun, meski hemoglobin bagian dari sel darah merah, bukan berarti hemoglobin yang tinggi sama dengan jumlah sel darah merah yang berlebih. Karena setiap sel darah merah mungkin tidak memiliki jumlah protein hemoglobin yang sama. Oleh karena itu, anda bisa saja memiliki jumlah Hb tinggi meskipun jumlah sel darah merah anda berada dalam kisaran normal.

Kadar Hb yang normal bagi pria umumnya sekitar 13,8 sampai 17,2 g/dL. Sedangkan untuk wanita adalah 12,1 sampai 15,1 g/dL, dan jika lebih dari itu, anda dinyatakan memiliki jumlah Hb tinggi.

Kondisi hemoglobin tinggi biasanya terjadi akibat reaksi tubuh saat kadar oksigen turun. Tubuh berusaha untuk segera memasok oksigen lewat Hb. Hal ini juga dipengaruhi beberapa kondisi kesehatan seperti PPOK (penyakit paru obstruksi kronis) dan penyakit jantung bawaan yang bisa menurunkan kadar oksigen dan menyebabkan kadar Hb tinggi.

Bagaimana cara mengetahui kadar Hb tinggi? 

Umumnya, gejala Hb tinggi hampir tidak ditemukan, justru baru diketahui saat dilakukan pemeriksaan laboratorium darah. Untuk mengetahui tinggi atau rendahnya hemoglobin, anda bisa melakukan tes hemoglobin. Tes ini adalah salah satu tes darah yang paling umum dilakukan, biasanya menjadi bagian dalam tes darah lengkap. Ada banyak cara untuk mengukur kadar hemoglobin, kebanyakan dilakukan dengan mesin otomatis. Anda bisa berkunjung ke Puskesmas atau ke rumah sakit untuk melakukan cek darah. 

Faktor risiko Anda memiliki kadar Hb tinggi

Umumnya, tingkat Hb tinggi tidak selalu beresiko buruk untuk kesehatan. Meskipun begitu, orang yang memiliki hemoglobin dalam jumlah tinggi biasanya terjadi pada orang yang tinggal di dataran tinggi dan pada perokok. Berikut adalah beberapa penyebab lain yang berpengaruh dan bisa membuat kadar Hb meninggi:

  • Penyakit pada paru-paru (misalnya emfisema)
  • Mengidap tumor tertentu
  • Kelainan sumsum tulang yang dikenal sebagai polisitemia vera
  • Menggunakan obat-obatan jenis erythropoietin

Bagaimana cara menurunkan kadar hemoglobin yang terlalu tinggi?

Terakhir, anda bisa menurunkan kadar hemoglobin yang terlalu tinggi dengan cukup mengonsumsi air mineral. Pasalnya, dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab tubuh anda memiliki kadar Hb tinggi.

Mulailah berhenti merokok, karena biasanya ketika orang berhenti merokok, kadar hemoglobinnya pun akan ikut stabil. Yang paling penting, jangan lupa untuk selalu melakukan check-up ke dokter untuk berkonsultasi dan menemukan pengobatan yang tepat untuk kondisi anda.

 

Sumber: hallosehat
Editor: DN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close