BisnisProperti

Jakarta Property Club Akan Berpartisipasi dengan IKN

BIMATA.ID, JAKARTA- Pengusaha properti yang tergabung dalam The Jakarta Property Club akan berpartisipasi dalam proyek pembangunan Ibu Kota Negara di Provinsi Kalimantan Timur. Peluang investasi tersebut disampaikan sesuai adanya pertemuan antara asosiasi pengembang dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa.

pertemuan tersebut turut dihadiri pengurus Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Properti, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Properti.

Ketua Jakarta Property Club Budiarsa Sastrawinata mengatakan bahwa pertemuan ini masih membahas soal rencana pembangunan properti di Ibu Kota Negara (IKN) dan mekanisme yang ditawarkan pemerintah.

“Baru dapat informasi rencananya yang mau dibangun [seperti apa]. Nanti kita akan dapat informasi lagi untuk kesempatan-kesempatan selanjutnya. [Intinya] ada partisipasi dari pengembang swasta,” ujarnya ketika dijumpai seusai pertemuan dengan Menteru Suharso di Jakarta.

Budi mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih akan terus mempelajari peluang investasi di IKN mengingat ada sejumlah skema yang ditawarkan seperti kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Selain KPBU, opsi lain yang muncul dari pengembangan properti di IKN juga adalah pihak swasta dapat sepenuhnya menggarap suatu proyek. Hanya saja, Budi belum bisa berbicara banyak mengenai hal tersebut karena pembahasannya masih dalam tahap awal.

Direktur Ciputra Development Tbk., tersebut juga mengatakan peluang investasi properti di IKN terbuka karena adanya program-program yang ditawarkan pemerintah.

“Istilahnya bukan insentif, tapi memang ada program-program yang masuk dalam skema kerja sama itu,” ucapnya.

Budi juga tak menampik bahwa Ciputra Group mulai menyatakan minatnya mengembangkan kawasan di sana jika ada kesempatan-kesempatan yang sesuai dengan perencanaan perusahaan.

Namun, dia belum tahu kapan para pengembang swasta termasuk Ciputra akan memulai pembangunan di IKN karena pihaknya masih harus menunggu perkembangan baru seusai pertemuan dengan Bappenas hari ini.

 

Sumber :bisnis[dot]com
Editor :ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close