EdukasiEnergiInovasi

Energi Terbarukan Dari Durian

BIMATA.ID, Jakarta– Buah Durian terkenal memiliki bau yang kuat, bagi sebagian orang, buah ini baunya sangat mengganggu. Namun, Sebagian besar masyarakat lainnya sangat menyukai buah yang memiliki daging yang manis dan baunya yang khas.

Akhir-akhir ini para ilmuwan menemukan potensi lain dari buah berduri ini, Lebih dari sekedar buah yang dapat dinikmati dan diolah menjadi beragam jenis kudapan, durian rupanya menyimpan potensi energi untuk beragam keperluan mengisi daya barang elektronik.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari PopularMechanics via Ubergizmo, Minggu (1/3), ilmuwan sedang mengembangkan potensi lain dari buah durian atas kandungan listrik di dalamnya. Buah durian malahan dikatakan dapat melakukan pengisian daya cepat pada perangkat elektronik semisal komputer dan smartphone atau bahkan mungkin mobil listrik.

Sekarang ini para ilmuwan sedang memanfaatkan biowaste buah yang terdapat di buah-buahan berduri seperti durian dan nangka. Dikatakan kedua buah mereka dapat mengubahnya menjadi super kapasitor yang memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar energi.

Menurut para peneliti, ketepatan struktural biomassa alami dengan pori-pori hierarkinya bisa memberikan sumber daya yang luar biasa sebagai template untuk sintesis bahan berbasis karbon. Sifat-sifatnya yang terintegrasi dari area permukaan tinggi, konduktivitas dan situs aktif antarmuka dapat memfasilitasi reaksi elektrokimia, difusi ionik, dan densitas pembawa muatan tinggi.

Bagaimanapun, salah satu eksperimen sains yang lebih sederhana yang diajarkan kepada kita di sekolah. Seperti bagaimana kentang yang sederhana dapat digunakan sebagai baterai. Jadi ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan ketika buah berduri semisal durian dapat pula digali potensinya untuk menghasilkan daya listrik.

Sumber : jawapos[dot]com
Editor: Z.B.Permadi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close