Fakta Dunia

Dawn Fraser, Si Perenang Yang Sering Berperilaku Kontroversial

Dawn Fraser, AC, MBE Fraser lahir di pinggiran Sydney di Balmain, New South Wales pada 1937 dalam keluarga kelas pekerja yang miskin, anak bungsu dari delapan bersaudara. Ayahnya, Kenneth Fraser, berasal dari Embo, Skotlandia. Dia terlihat pada usia 14 tahun oleh pelatih Sydney Harry Gallagher berenang di pemandian laut setempat.

Fraser memenangkan delapan medali Olimpiade, termasuk empat medali emas, dan enam medali emas Commonwealth Games. Dia juga memegang 39 catatan. Rekor gaya bebas 100 meter adalah miliknya selama 15 tahun dari 1 Desember 1956 hingga 8 Januari 1972.

Dia adalah yang pertama dari hanya tiga perenang dalam sejarah Olimpiade (Krisztina Egerszegi dari Hongaria dan Michael Phelps dari Amerika Serikat menjadi dua lainnya) yang telah memenangkan medali emas individu untuk acara yang sama di tiga Olimpiade berturut-turut (gaya bebas 100 meter – 1956, 1960 dan 1964).

Pada Oktober 1962, ia menjadi wanita pertama yang berenang gaya bebas 100 meter dalam waktu kurang dari satu menit. Baru pada tahun 1972, delapan tahun setelah Fraser pensiun, rekor 100 meter 58,9 detik berhasil dikalahkan.

Beberapa minggu sebelum Olimpiade 1964, Fraser terluka dalam kecelakaan mobil yang mengakibatkan kematian ibunya, Rose. Adik perempuannya dan seorang temannya juga bepergian dengan mobil Fraser ketika mobil itu jatuh, tetapi mereka selamat. Ini adalah tragedi baru bagi Fraser dan keluarganya setelah kematian kakak laki-lakinya akibat leukemia pada tahun 1950, dan ayahnya meninggal setelah pertempuran panjang melawan kanker pada tahun 1960.

Selama Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo, Fraser membuat marah sponsor tim renang dan Australian Swimming Union (ASU) dengan berbaris dalam upacara pembukaan melawan keinginan pihak sponsor, dan mengenakan kostum renang yang yang sudah lama dalam kompetisi, karena ia merasa lebih nyaman daripada yang disediakan oleh para sponsor.

Dia dinamai Australian of the Year pada tahun 1964, dan dilantik ke dalam International Swimming Hall of Fame pada tahun 1965. Pada 30 Januari 1965 Fraser menikah dengan Gary Ware di St Stephens Church, Macquarie Street, Sydney. Pernikahan itu berumur pendek. Dia memiliki satu anak perempuan dari pernikahannya, Dawn-Lorraine, yang memiliki seorang putra, Jackson. Dawn Fraser menderita asma parah. Biar begitu, dia diangkat menjadi Anggota Ordo Kerajaan Inggris pada tahun 1967.

Dia dituduh mencuri bendera Olimpiade dari tiang bendera di luar istana Kaisar Hirohito, Kōkyo. Dia ditangkap tetapi dibebaskan tanpa tuduhan. Pada akhirnya ia diberi bendera sebagai suvenir. Namun, Serikat Renang Australia menangguhkannya selama 10 tahun. Mereka mengalah beberapa bulan sebelum Olimpiade 1968 tetapi pada saat itu sudah terlambat bagi Fraser, pada usia 31, untuk bersiap-siap.

Pada 1979, sebuah film berjudul Dawn! dibuat tentang kehidupan dan karier Fraser. Itu dibintangi Bronwyn Mackay-Payne sebagai Fraser.

Dia kemudian membantah telah berenang parit untuk mencuri bendera, mengatakan kepada The Times pada tahun 1991: “Tidak mungkin saya akan berenang parit itu. Saya takut air kotor dan parit itu kotor. Tidak mungkin saya akan mencelupkan parit saya.” jari di dalamnya.”

Fraser menjadi pemungut cukai di Riverview Hotel, Balmain, dan mengikuti pelatihan renang. Pada tahun 1988, ia terpilih sebagai independen pada Majelis Legislatif New South Wales untuk kursi Balmain. Pemilih itu dihapuskan pada tahun 1991, dan setelah ia gagal memenangkan kursi baru Port Jackson, ia pensiun dari politik. Fraser adalah pendukung profil tinggi dan direktur dewan klub Wests Tigers NRL.

Fraser mendapat kritik negatif atas komentar publik pada tahun 1997 ketika dia berkata “Saya muak dan bosan dengan para imigran yang datang ke negara saya”.

Tapi tetap saja Fraser diangkat sebagai Perwira Orde Australia (AO) pada tahun 1998. Juga pada tahun 1998, ia terpilih sebagai atlet wanita terhebat Australia dalam sejarah. Ia dinobatkan sebagai Atlet Wanita Australia Abad ini oleh Hall of Fame Olahraga Australia, yang telah melantiknya sebagai anggota wanita pertama mereka pada tahun 1985 lalu. Pada tahun 1999 Komite Olimpiade Internasional menamainya the World’s Greatest Living Female Water. Pada tanggal 14 Juli 2000, Fraser dianugerahi Medali Olahraga Australia untuk “kontribusi luar biasa sebagai pesaing renang”.

Dia adalah salah satu pembawa Obor Olimpiade pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2000 di Sydney. Dia membawa Obor Olimpiade di stadion, sebagai salah satu pembawa untuk segmen terakhir, sebelum menyalakan Api Olimpiade.

Fraser dimainkan oleh Melissa Thomas dalam film Swimming Upstream tahun 2003. Fraser sendiri dikreditkan dalam film sebagai pelatih Dawn Fraser. Pada 1 September 2015, Dawn Fraser tampil di Season 7, Episode 5 dari serial televisi genealogi SBS Who Do You Think You Are?, yang melacak warisannya kembali ke Amerika Selatan. Di tahun 2015 juga, Fraser kembali memlakukan aksi yang kontroversial di mana Fraser mengatakan kepada pemain tenis Australia Nick Kyrgios dan Bernard Tomic untuk “pergi kembali ke tempat asal ayah atau orang tua mereka.”. “Saya selalu mengatakan yang sebenarnya,” kata Fraser. “Begitulah cara saya dibesarkan, jujur dan mengatakan yang sebenarnya.”. Pandangan ini telah digambarkan sebagai rasis dan kemudian dia meminta maaf.

Australian Sport Awards mencakup penghargaan yang dinamai untuk menghormati dan diberikan oleh Fraser. Pemandian laut di Balmain di mana dia berenang dinamai Kolam Renang Dawn Fraser untuk menghormatinya pada tahun 1964, dan pada tahun 1992, Otoritas Transit Negara bernama feri RiverCat setelah Fraser. Sebagai bagian dari Honours Ulang Tahun Ratu 2018, ia maju menjadi Pendamping Ordo Australia (AC).

 

Editor : Adwin KS
Sumber : wikipedia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close