PendidikanPolitikRegional

Besok, PWI Jatim Selenggarakan Seminar Sehari Tentang Pilkada Serentak 2020

Seminar Sehari ‘Pilkada Serentak 2020’

BIMATA.ID , Jatim – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur (Jatim) akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Sehari ‘Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020’ pada hari Kamis 5 Maret 2020 di Hotel Kampi, Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk partisipasi media dalam mensukseskan Pilkada serentak yang akan digelar pada 23 September mendatang.

Machmud Suhermono selaku Ketua Panitia menuturkan, narasumber dalam kegiatan itu adalah Gubernur Jatim, Ketua DPRD Provinsi Jatim, pengamat politik, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jatim.

“Ibu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan menjadi pembicara kunci (keynote speaker) sekaligus membuka seminar dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2020 dan HUT ke-74 PWI tingkat Jatim,” tuturnya, dikutip dari jatimnow[dot]com, Rabu (4/3/2020).

Wakil Ketua PWI Provinsi Jatim ini mengungkapkan, kegiatan tersebut dapat dijadikan ajang sosialisasi bagi KPU dan Bawaslu Provinsi Jatim mengenai sejumlah aturan baru yang akan diberlakukan pada Pilkada serentak 2020.

“Panitia mengundang sejumlah KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota, bakal calon Kepala Daerah, dan institusi lainnya untuk hadir pada seminar ini. Dari hasil koordinasi dengan KPU Jatim, ada beberapa aturan baru terkait pemilihan Kepala Daerah serentak 2020. Semua akan disampaikan pada seminar nanti,” ungkapnya.

Machmud menjelaskan, Pilkada merupakan alat demokrasi dan sarana legitimasi politik.

“Melalui Pilkada, keabsahan pemerintahan yang berkuasa dapat ditegakkan. Begitu pula program dan kebijakan yang dihasilkan dari proses tersebut,” jelasnya.

Seperti diketahui, terdapat 16 Kabupaten dan 3 Kota di Provinsi Jatim yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak pada tahun 2020.

Adapun Kabupaten atau Kota tersebut, yakni Kabupaten Sumenep, Trenggalek, Banyuwangi, Blitar, Malang, Ngawi, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kediri serta Kota Surabaya, Blitar, dan Pasuruan.

Editor: MBN

bawaslu

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close