EdukasiFakta Dunia

Albert Gobat, Pemenang Penghargaan Perdamaian Nobel 1902

Charles Albert Gobat (21 Mei 1843 – 16 Maret 1914) adalah seorang politikusadministratorfilantrofis, dan pengarang asal Swiss, salah satu pemenang Penghargaan Perdamaian Nobel 1902. Ia menerima penghargaan tersebut dengan Élie Ducommun(m. 1906), yang digantikannya sebagai direktur Biro Perdamaian Internasional Abadi(Bureau international permanent de la paix), suatu badan yang menerima Nobel Perdamaian tahun 1910.

Gobat pertama kali praktik hukum di Bern lalu di DelemontKanton Bern. Ia juga mengajar hukum perdata Prancis di Sorbonne. Pada tahun 1880-an ia aktif dalam politik nasional dan kanton serta administrasi umum. Dari permulaannya pada tahun 1888, Gobat bekerja di Uni Antarparlemen yang didirikan oleh Randal Cremer, penerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1903. Pada tahun 1892 Gobat adalah ketua konferensi ke-4 persatuan itu, yang diselenggarakan di Bern dan yang mendirikan Bureau Interparlementaire. Ia menjadi sekretraris jenderal badan itu, sebuah kantor informasi gerakan perdamaian, islah internasional, dan komunikasi di antara badan-badan parlemen nasional. Konferensi ke-3 persatuan itu yang diselenggarakan di Romapada tahun 1891 mendirikan Biro Perdamaian Internaisonal, di mana Gobat adalah direkturnya saat dianugerahi Hadiah Nobel.

Salah satu buku Gobat tentang urusan internasional dan sejarah adalah Le Cauchemar de l’Europe (1911; “Mimpi Buruk di Eropa”).

 

Editor : Adwin KS
Sumber : Wikipedia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close