4 Sehat 5 SempurnaFoodJiwa & RagaLifestyleTips & Trick

9 Macam Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh, Cegah Virus Corona

Merebaknya virus corona atau novel coronavirus (2019-nCov) membuat masyarakat resah. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini bisa mengakibatkan kematian.
Organisasi kesehatan dunia atau WHO menyebut, salah satu pencegahan terhadap penularan virus corona adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi atau yang dipercaya mampu meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh.
Berikut macam-macam makanan peningkat sistem imun tubuh, dari berbagai sumber:

1. Bawang Putih


Bawang putih sudah ribuan tahun dipercaya sebagai tanaman mujarab komposisi obat herbal. Memiliki khasiat antibakteri dan antivirus yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Selain itu bawang putih juga didukung dengan antioksidan yang tinggi, fosfor, seng, potassium, dan kalsium. Senyawa-senyawa tersebut bisa membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.
Senyawa allicin yang membuat aroma khasnya, sangat bermanfaat melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya. Jadikan sebagai obat alami yang memperkuat daya tahan tubuh kita dan keluarga.
Mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti flu, pilek, batuk, dan radang tenggorokan.

2. Lemon, jeruk, jambu dan kiwi

Keempat buah seperti lemon, jeruk, jambu dan kiwi memiliki kadar vitamin C yang tinggi, sehingga dipercaya sebagai makanan menjaga sistem kekebalan tubuh terbaik. Bagi Anda pecinta buah, beruntunglah selalu cocok di lidah dengan manfaatnya yang luar biasa.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, mampu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, serta mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Mulailah menjadikan ketiga buah ini sebagai asupan tambahan sehari-hari. Bisa dikonsumsi dengan membuat infuse water, campuran salad buah, dan cemilan sambil nonton TV.

3. Bawang Bombay

Sesama keluarga dengan bawang putih, keduanya dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh. Kandungan vitamin, zat besi, fosfor, dan berbagai senyawa berkhasiat lainnya dapat mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh.

Hasil penelitian R. Akrami, Effects of Dietary Onion (Allium Cepa) Powder On Growth, Innate Immune Response And Hemato Biochemical Parameters Of Beluga, Fish & Shellfish Immunology, menunjukkan bahwa bubuk bawang bombai dapat menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, dan fungsi kekebalan tubuh remaja.

Mulailah dikonsumsi dengan mencampurkan bawang bombai mentah dalam salad sayur, memperbanyak bombai dalam masakan tumis, sup ayam bawang bombai, dan berbagai makanan lezat berkhasiat lainnya.

Bagi Anda yang alergi terhadap bawang, bisa mengonsumsi makanan peningkat sistem imun yang lainnya.

4.Jamur


Seperti yang telah disebutkan oleh pihak WHO mengenai daging yang harus dimasak sampai matang. Jamur bisa menjadi alternatif pengganti rasa daging yang nikmat. Sensasi jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap atau daging.

Jamur bersifat antimikroba dan antivirus, serta mengandung potassium. Sehingga jamur sangat baik bagi tubuh, kemudian mengelola cairan tubuh, mempercepat metabolisme, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan pastinya menjaga sistem kekebalan tubuh.
Makanan Banyak Vitamin E

Macam makanan peningkat sistem imun berikutnya dengan mengkonsumsi yang banyak kandungan vitamin E, seperti kacang almond, alpukat, kedelai, brokoli, bayam, dan sebagainya. Vitamin E dalam makanan tadi bersifat antioksidan, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

5. Paprika Merah dan Cabai


Apakah Anda termasuk pecinta pedas? Bersyukurlah paprika merah dan cabai termasuk macam-macam makanan peningkat sistem imun tubuh. Keduanya juga mengandung banyak vitamin C. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa paprika merah dan cabai, dua kali lebih banyak kandungan vitamin C daripada buah jeruk.

6. Jahe


Macam makanan peningkat sistem imun tubuh selanjutnya berasal dari dapur lagi, yakni jahe. Karena jahe memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan karena terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

Mulai mengkonsumsi jahe dengan menjadikannya campuran dalam secangkir teh hangat, wedang ronde, dan merebus jahe bersama serai dan gula jawa. Pasti memberikan sensasi nyaman nan hangat, menyegarkan dan menyehatkan.

7. Madu

Macam makanan peningkat sistem imun tubuh berikutnya ialah madu. Selain manis di mulut, manis juga khasiatnya. Madu mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk meredakan batuk, menjaga tenggorokan tidak kering, dan menghilangkan dahak.

Manfaat madu selanjutnya, berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

8. Kacang Almond

Mengkonsumsi kacang almond sebagai cemilan atau tambahan topping pada dessert Anda, akan memberi asupan vitamin C dan E. Konsumsi secara rutin bisa mencegah flu dan demam. Makanan peningkat sistem imun tubuh yang gurih dan lezat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close