Nasional

2.600 Orang Melamar Menjadi Relawan Tangani Pasien Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah melalui Kementerian BUMN membuka pendaftaran untuk relawan yang ingin bertugas menghadapi pasien terinfeksi virus Corona atau Covid-19 di Wisma Atlet yang dijadikan rumah sakit darurat. Tercatat hingga saat ini sudah ada 2.600 orang yang melamar menjadi relawan.

“Kemarin sudah dibuka dua hari untuk persiapan menangani Wisma Atlet. Kami sudah melakukan seleksi, ada 2.600 yang mendaftar,” kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga dalam konferensi pers melalui akun YouTube BNPB, Selasa,(24/3/2020).

2.600 relawan ini nantinya akan diseleksi dan dikurangi. Usai melakukan seleksi, nantinya tenaga medis yang ada di Wisma Atlet akan menentukan di mana para relawan ini akan bekerja.

Arya memastikan para relawan itu juga telah melewati tes kesehatan. Hal ini diperlukan agar para relawan dalam kondisi sehat saat menangani pasien corona.

“Seleksi itu ikut tes darah, tes paru. Kemudian kalau sudah terpilih langsung tes swab dan rapid test. Jangan nanti tenaga medik positif, makin bahaya kan. Orang membantu patut dites,” katanya.

Ia menjelaskan, para relawan itu nantinya akan tinggal sementara di Wisma Atlet. Semua kebutuhan seperti makan dan tempat tinggal.

Editor: Ozi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close