NasionalPertanian

Sumbar Jadi Tuan Rumah Penas 2020

BIMATA.ID, Jakarta– Sumatera Barat terpilih menjadi tuan rumah Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2020. Kegiatan dari Kementerian Pertanian ini akan dilaksanakan di dua daerah di Sumbar yakni Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra menyebut berbagai persiapan terus dilakukan sejak 6 bulan yang lalu saat kementrian Pertanian memilih Sumbar sebagai tuan rumah.

Candra menyebut lokasi gelar teknologi, lahan dan drainase sudah siap, sementara persiapan untuk pertanaman masih lebih kurang 10-15 persen. Namun, tanaman yang akan diperagakan ini disebut telah diprediksikan dengan baik sebelumnya, sehingga dapat dipanen tepat saat Penas Tani dilaksanakan. Ia pun menegaskan Sumbar telah siap menggelar Penas Tani tersebut, ia menganggap tidak ada masalah dalam persiapan pelaksanaan, semua sudah dinyatakan siap.

“Rasanya untuk pelaksanaan penas tidak ada masalah, sudah dianggap selesai,” Ujarnya saat Rapat Koordinasi Bupati/Walikota se-Sumbar Rabu (24/2/2020) di Padang.

Penas Tani akan menjadi wadah untuk mensosialisasikan kemajuan teknologi pertanian yang dimiliki Sumbar kepada Provinsi lainnya di indonesia, salah satunya KosraTani.

“Kesempatan kita untuk sosialisasi bagaimana mengelola pertanian yang baik, pemasaran yang baik karena segala teknologi terbaru itu yang diperagakan di penas,” jelasnya

Melalui Penas Tani jaringan kerja sama antar provinsi juga tentunya akan dilakukan.

“Karena nanti ada temu bisnis yang membuka peluang pada produksi pertanian kita untuk bisa dipasarkan dengan baik,” ujar Candra.

Penas Tani XVI tahun ini akan digelar tanggal 20-22 Juni 2020. Adapun rangkaian acara Penas Tani 2020 ini adalah: Diawali dengan Pembukaan di Tanggal 20 Juni 2020 yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Selanjutnya di hari yang sama ada Temu Wicara dengan presiden dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman. Kemudian Temu Wicara dengan Pejabat Tinggi/Pejabat Negara di Wisma Haji Kabupaten Padang Pariaman dan di Ponpes HAMKA dan Universitas Bung Hatta Kota Padang.

Dan Pada tanggal 21 Juni 2020, akan dilaksanakan Temu Wicara dengan 12 Pejabat Tinggi Negara di Kota Padang.

Rembug Madya dan Rembug Utama dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan Temu Profesi, Temu Petani ASEAN dan Petani Jepang, serta Temu Sukses Petani dan Penyuluh dilaksanakan di Kota Padang

Sumber: Padangkita[dot]com
Editor: Z.B.Permadi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close