4 Sehat 5 SempurnaJiwa & Raga

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malu

Meskipun sering disangka rumput liar yang gak ada manfaatnya, ternyata tumbuhan yang dijuluki “putri malu” ini punya segudang khasiat yang menakjubkan.  Tumbuhan yang punya nama latin Mimosa pudica ini disinyalir ampuh banget mengobati berbagai penyakit.

Mulai dari luka akibat penyakit diabetes sampai penangkal bisa ular, semuanya bisa diatasi dengan tumbuhan ajaib ini. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini!

1. Menyembuhkan luka bagi penderita diabetes
Tumbuhan yang sangat sensitif terhadap rangsangan ini ternyata punya khasiat ajaib untuk menyembuhkan luka bagi penderita diabetes lho. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian salah satu universitas ternama di Indonesia. Ekstrak kloroform yang terkandung dalam akar tumbuhan inilah yang diduga ampuh banget menyembuhkan luka yang dialami para penderita diabetes.

2. Menyembuhkan batuk
Buat kamu yang lagi batuk dan sudah minum berbagai obat tapi gak kunjung sembuh, cobain deh konsumsi air rebusan dari daun putri malu ini. Kandungan zat yang ada di tumbuhan ajaib ini dipercaya ampuh untuk mengobati batuk yang disertai dahak.

Air rebusan daun putri malu ini juga bisa menjadi obat alami dalam menyembuhkan penyakit pernapasan seperti flu dan semacamnya . Cukup dengan merebus 10-15 gram daun putri malu, kamu dapat meminum ramuan ini.

3. Mengobati hepatitis

Tanaman yang mengandung berbagai zat bermanfaat seperti mimosin, tanin, asam pipekolinat ini, ternyata bisa menjadi obat herbal alami untuk menyembuhkan penyakit hepatitis lho. Gak cuma itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun putri malu ini juga dapat meminimalisir gejala peradangan pada organ hati, akibat dari virus penyakit hepatitis. 

4. Menghentikan pendarahan dan infeksi

Ekstrak bubuk tumbuhan ajaib ini juga bisa menghentikan pendarahan dan infeksi. Kandungan senyawa tanin dan antioksidan yang ada pada putri malu inilah yang mampu menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko infeksi, serta membantu dalam proses pembentukan kulit yang lebih sehat.

5. Melindungi hati

Selain mampu menghentikan pendarahan pada luka, tumbuhan putri malu juga dapat menjaga organ hati tetap sehat dan terbebas dari racun berbahaya dalam tubuh kita lho. Kandungan etanol, tanin dan zat baik lainny. Inilah yang diduga mampu melindungi hati dari berbagai serangan bakteri maupun virus jahat. Dengan mengosumsi ekstrak daun putri malu ataupun air rebusan daunnya, organ hati kamu bakal terlindungi dari berbagai penyakit.

6. Mengatasi insomnia

Siapa nih yang punya penyakit susah tidur saat malam hari? Eits, jangan khawatir, mulai sekarang cobain deh minum ramuan dari tumbuhan ajaib yang satu ini. Dijamin kamu gak bakal insomnia lagi deh.

Yups, tumbuhan putri malu memang mempunyai kandungan zat melatonin yang mampu memberikan efek sedatif (penenang), sehingga membuat tubuh kamu menjadi relaks, serta memicu rasa kantuk secara alami. Dengan hanya merebus 50 gram putri malu secukupnya dan diminum sebelum tidur, kamu bakalan bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

7. Mempercepat proses penyembuhan luka

Selain bisa menghentikan pendarahan dan infeksi, ekstrak tumbuhan unik ini juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan fenol yang ada dalam akar putri malu mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.

Bahkan tanaman ini juga digadang-gadang mampu menjadi obat untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Wow, hebat sekali ya tumbuhan imut yang satu ini.

8. Mengatasi wasir

Kalau kamu lagi terserang penyakit wasir, tumbuhan imut ini juga bisa menjadi obatnya. Dengan menggunakan pasta dari daun putri malu ini, kamu bakal terbebas dari penyakit wasir. Soalnya, tumbuhan ini juga berfungsi sebagai astringent alami, memiliki sifat antiseptik dan dapat juga mengecilkan ukuran wasir serta mengurangi pembengkakan.

Cukup oleskan pasta daun putri malu di daerah yang sakit, maka pendarahan akan berhenti sekaligus mengurangi rasa sakit dari wasir. Bahkan ini bisa mengatasi iritasi sekaligus mengurangi gatal berkaitan dengan wasir. 

9. Menangkal bisa ular

Tidak hanya mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi serta antioksidan, ternyata tumbuhan ini juga memiliki sifat antitoksin juga lho. Jadi ga heran kalo tumbuhan ini bisa  dimanfaatkan untuk menangkal racun dari ular berbisa seperti kobra.

Akar dari tanaman putri malu yang sudah dikeringkan dan direbus membuktikan bahwa ekstraknya terbilang efektif untuk menghambat racun dari bisa ular. Namun sebaiknya tetap dilakukan oleh pakar, agar dosis yang digunakan bisa tepat dan aman ya, guys.

Gak nyangka kan, guys? tumbuhan yang sering dianggap rumput liar tak berguna ini malah punya khasiat yang menakjubkan. Mulai sekarang kalau kamu menemukan tumbuhan ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk kesehatan. Selamat mencoba!

Sumber: idntimes.com
Editor: DN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close