BisnisPerikanan

Seperti Ini Prospek Bisnis Budi Daya Ikan Hias

Bimata,Jakarta- Saat ini Prospek bisnis ikan hias sangat menjanjikan bagi sektor perekonomian budidaya perikanan. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia saat ini memiliki spesies ikan hias sekitar 4.300.  

Namun, baru sekitar 30 spesies atau  tak sampai 1% diantaranya yang sudah dikembangkan dan diperdagangkan saat ini baik di dalam dan luar negeri. Dengan adanya dorongan pemerintah pada sektor perikanan ini bisa menjadi sumber pendapatan. 

“Sebanyak 4.300 spesies harus dikembangkan menjadi komoditas perdagangan bangsa Indonesia. Menjadi sumber pendapatan, sumber pertumbuhan ekonomi, sekaligus mungkin dengan kemampuan inovasi dan teknologi kita bisa mencari manfaat lain selain sebagai ikan hias,” kata Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDM-KKP) Sjarief Widjaja pada akhir pekan.

Untuk itu, pihaknya pun telah menyiapkan beberapa skema yang bisa dipraktekkan guna mendukung pengembangan ikan hias ini sebagai sumber pendapatan baru bagi masyarakat.

Dari sekitar 4.270 lebih spesies yang saat ini belum menjadi perhatian, dirinya berharap pada tahun ini ada 100 spesies yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai sumber pencaharian baru bagi masyarakat.

Editor: F. Ikbar

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close