Fakta Dunia

Michael Romanov Cikal Bakal Dinasti Romanov Dari Kekaisaran Rusia

Dinasti Romanov adalah pemerintahan yang berbentuk kerajaan dari Rusia mulai tahun 1613 sampai 1917. Romanov menjadi terkenal sebagai bangsawan dari Kadipaten Besar Moskow dan kemudian Tsardom Rusia di bawah pemerintahan dinasti Rurik, yang punah setelah kematian Tsar Feodor I pada tahun 1598.

Waktu Masalah disebabkan oleh krisis suksesi yang terjadi, di mana beberapa pretenders dan penipu ( False Dmitris ) berjuang untuk mahkota selama Perang Polandia-Moskow. Pada 21 Februari 1613, Michael Romanov terpilih sebagai Tsar Rusia oleh Zemsky Sobor, mendirikan Romanovs sebagai dinasti kedua yang memerintah Rusia. Cucu Michael, Peter I mendirikan Kekaisaran Rusia pada 1721, mengubah negara itu menjadi kekuatan besar melalui serangkaian perang dan reformasi.

Michael Romanov atau yang biasa dikenal dengan Michael I (Mikhail I) menjadi Tsar Rusia pertama di Dinasti Romanov setelah Zemskiy Sobor dari 1613 memilihnya untuk memerintah Tsardom Rusia. Dia adalah putra Feodor Nikitich Romanov (kemudian dikenal sebagai Patriark Filaret ) dan Xenia (kemudian dikenal sebagai ” biarawati agung ” Martha). Dia juga sepupu pertama yang pernah diangkat dari Rurikid Tsar Feodor I terakhir melalui bibi buyutnya Anastasia Romanovna, yang merupakan ibu dari Feodor I. Dan melalui pernikahan, seorang ipar perempuan ipar dengan Tsar Ivan IV dari Rusia. Aksesi-Nya menandai akhir dari Masa Kesulitan.

Kakek Michael, Nikita, adalah saudara lelaki Tsaritsa Anastasia Rusia pertama dan penasihat utama untuk Ivan the Terrible . Sebagai anak muda, Michael dan ibunya telah diasingkan ke Beloozero pada tahun 1600. Ini adalah hasil dari Tsar Boris Godunov yang baru terpilih , pada tahun 1598, menuduh ayahnya, Feodor, pengkhianatan. Ini mungkin sebagian karena Feodor menikahi Ksenia Shestova melawan keinginan Boris.

Michael dengan suara bulat terpilih sebagai Tsar Rusia oleh majelis nasional pada 21 Februari 1613, tetapi delegasi dewan tidak menemukan Tsar muda dan ibunya di Biara Ipatiev dekatKostroma hingga 24 Maret. Dia telah dipilih setelah beberapa opsi lain telah dihapus, termasuk royalti Polandia dan Swedia. Awalnya, Martha memprotes, mempercayai dan menyatakan bahwa putranya terlalu muda dan lembut untuk kantor yang begitu sulit, dan dalam waktu yang sulit. Pemilihan dan aksesi Michael ke tahta membentuk dasar dari legenda Ivan Susanin , yang didramatisir oleh komposer Rusia Mikhail Glinka dalam opera A Life for the Tsar .

Dalam kondisi yang begitu bobrok ibu kota pada saat itu, Michael harus menunggu beberapa minggu di biara Troitsa, 75 mil (121 kilometer), sebelum akomodasi yang layak dapat disediakan baginya di Moskow. Ia dimahkotai pada 22 Juli 1613. Tugas pertama tsar baru adalah membersihkan tanah negara-negara yang mendudukinya. Swedia dan Polandia kemudian ditangani masing-masing oleh perdamaian Stolbovo (17 Februari 1617) dan Gencatan senjata Deulino (1 Desember 1618). Hasil terpenting dari Gencatan Senjata Deulino adalah kembalinya dari pengasingan ayah tsar, yang selanjutnya mengambil alih pemerintahan hingga kematiannya pada Oktober 1633, Michael menduduki posisi yang lebih rendah.

Pemerintahan Michael melihat ekspansi teritorial terbesar dalam sejarah Rusia. Selama masa pemerintahannya, penaklukan Siberia berlanjut, sebagian besar dilakukan oleh Cossack dan dibiayai oleh keluarga pedagang Stroganov .

Tsar Michael menderita cedera kaki progresif (konsekuensi dari kecelakaan kuda di awal hidupnya), yang mengakibatkan dia tidak bisa berjalan menuju akhir hidupnya. Dia adalah seorang pangeran yang lembut dan saleh yang memberi sedikit masalah kepada siapa pun dan menonjolkan dirinya di belakang penasihatnya. Kadang-kadang mereka adalah orang-orang yang relatif jujur ​​dan cakap seperti ayahnya; kadang-kadang mereka rusak dan fanatik, seperti keluarga Saltykov dari ibunya.

Dia menikah dua kali. Menikah dengan Putri Maria Vladimirovna Dolgorukova pada tahun 1624, tetapi dia jatuh sakit, dan meninggal pada awal 1625, hanya empat bulan setelah pernikahan. Pada 1626, ia menikahi Eudoxia Streshneva (1608–1645), yang melahirkannya 10 anak, di antaranya empat mencapai usia dewasayang merupakan masa depan Tsar Alexis dan Tsarevnas Irina, Anna, dan Tatiana.

Kegagalan Michael untuk menikahi putri sulungnya Irina dengan Count Valdemar Christian dari Schleswig-Holstein, putra morganatik Raja Christian IV dari Denmark, sebagai akibat dari penolakan yang terakhir untuk menerima Ortodoksi, sangat menyusahkannya sehingga berkontribusi untuk membawanya pada kematian. Tsar Michael jatuh sakit pada April 1645, dengan penyakit kudis, sakit gembur-gembur dan mungkin depresi. Dokternya meresepkan obat pencahar yang tidak meningkatkan kondisinya, dan setelah pingsan di gereja pada 12 Juli, ia meninggal pada 23 Juli 1645.

 

Sumber : Wikipedia

Editor: A.KS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close