GawaiPeranti

Mengintip Fitur Apa Saja Dalam Android 11

Pada 19 Februari 2020 Google diketahui telah merilis Android 11 Preview pertama lebih cepat. Biasanya versi terbaru akan diumumkan Google pada bulan maret.

Sayangnya Android 11 Developer Preview hanya ditujukan kepada  para pengembang aplikasi untuk menguji coba dan meninjau softwarenya di dalam sistem operasi ini, tidak disarankan bagi pengguna harian.

 

– Linkability

Android 11 membawa Application Programming Interface (API) tautan baru untuk mendukung jaringan 5G. Dengan demikian, pengembang dapat memanfaatkan kecepatan tinggi dan latensi pada jaringan 5G. Dengan ini, aplikasi dapat secara otomatis menyediakan video berkualitas tinggi yang sesuai ketika jaringan berkualitas tinggi terdeteksi.

Sistem baru ini juga menambahkan API Pengukur Bandwidth yang memungkinkan pengembang untuk dengan mudah menentukan jumlah bandwidth hilir/uplink yang tersedia tanpa aplikasi harus meminta atau menghitung perkiraan mereka sendiri.

 

– Mendukung berbagai layar

Saat ini banyak produsen ponsel Android yang membuat produknya lebih dari satu layar. Sekarang Android 11 memiliki dukungan asli untuk dua layar.

Ini juga menyediakan API untuk layar lubang poni. Dengan ini, pengembang dapat memanfaatkan sepenuhnya bagian lengkung layar poni (water drop) dan tidak memerlukan pengaturan terpisah oleh pabrikan.

 

– Chat gelembung

Android 11 telah menambahkan fungsi gelembung obrolan mengambang. Selama aplikasi menggunakan API baru, itu dapat mengapung percakapan yang sedang berlangsung dalam bentuk gelembung di layar

Selain itu, fitur salin dan tempel juga telah ditingkatkan. Jika aplikasi mendukung copy dan paste gambar secara langsung, maka Android 11 mendukung menempelkan gambar secara langsung ke dalam balasan aplikasi.

 

– Sistem privasi dan izin baru

Android 11 menambahkan ‘izin satu kali’ untuk mengakses izin lokasi, mikrofon, dan kamera. Dengan kata lain, aplikasi yang telah memperoleh izin sekali pakai masih akan meminta pengguna untuk mendapatkan otorisasi saat digunakan berikutnya.

Sistem baru ini juga akan secara otomatis memblokir permintaan izin berulang dari aplikasi. Jika pengguna mengklik dua kali untuk menolak otorisasi, sistem akan secara otomatis berhenti meminta otorisasi. Tentu saja, pengguna juga dapat menyesuaikannya secara manual di pengaturan.

 

– Screen Recording

Pada Android 11, pengembang dapat memungkinkan merekam langsung di dalam layar. Ini menjadi keuntungan khusus bagi pengguna bila fitur ini diterapkan pada versi final, karena pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan.

 

– Gestur Baru

Android 11 juga memiliki peningkatan untuk seri Pixel 4. Ini memberikan gerakan Motion sense baru yang dapat menjadi musik.

Editor: Dony R.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close